Kompas.com - 18/04/2021, 16:42 WIB
Wahju Herijanto, wisudawan tertua ITS yang berhasil meraih IPK 4. DOK.Laman ITSWahju Herijanto, wisudawan tertua ITS yang berhasil meraih IPK 4.
|

KOMPAS.com - Ada yang menarik pada wisuda ke-123 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bagaimana tidak, ada salah satu peserta yang sudah berusia 58 tahun.

Tak hanya jadi wisudawan tertua, Ir. Wahju Herijanto, MT., juga berhasil meraih IPK sempurna yakni IPK 4,00 dengan menuntaskan program studi doktoral (S3) di Departemen Teknik Sipil ITS.

Ternyata, motivasi Wahju ingin meraih gelar doktor tersebut karena dia berprofesi sebagai dosen. Tepat pada 2013, ketika usianya telah mencapai 50 tahun, Wahju merasa, pendidikan yang lebih tinggi akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan akademiknya.

Baca juga: Tips Ikut UTBK 2021 Saat Puasa Ramadhan

"Tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat, dan saya mulai menikmati prosesnya," ujarnya seperti dikutip dari laman ITS, Sabtu (17/4/2021).

Meski berat di awal, lambat laun Wahju mulai merasa bahwa menuntut ilmu bukan hanya sekadar tuntutan saja, tetapi ia yakin bahwa di setiap ilmu, selalu terdapat manfaat.

Kunci keberhasilan Wahju

Lantas, apa kunci dari keberhasilan Wahju? Menurutnya, setiap ada tugas dan ujian yang ditanggungnya, Wahju selalu menyelesaikannya dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, publikasi jurnal terindeks scopus Q2 yang berhasil ditelurkannya juga menjadi salah satu faktor pendukung sempurnanya IPK yang diraihnya.

Kendati demikian, Wahju bisa meraih IPK 4 itu juga butuh perjuangan ekstra. Sebab, dia harus bisa membagi waktu antara kewajibannya sebagai mahasiswa dengan tugasnya dalam pekerjaan.

Tidak jarang ia merasa kewalahan dan lelah dalam mengerjakan keduanya. "Saat merasa lelah, saya biasanya tidur untuk istirahat sejenak," kata pria yang juga berprofesi sebagai dosen di Departemen Teknik Sipil ITS.

Hal ini karena Wahju dalam mengerjakan disertasi harus dibimbing oleh dua dosen di perguruan tinggi yang berbeda, yakni di ITS dan Universitas Brawijaya (UB).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X