Kompas.com - 18/04/2021, 16:00 WIB
UM Boga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membagikan ribuan porsi makanan berbuka dan sahur bagi para mahasiswanya. Dok. Humas UMYUM Boga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membagikan ribuan porsi makanan berbuka dan sahur bagi para mahasiswanya.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bisa berbagi dengan sesama saat Bulan Ramadhan tentu membawa kenikmatan dan berkah tersendiri.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali membagikan makanan berbuka bagi para mahasiswa. Kegiatan ini khususnya dilakukan oleh unit layanan UM Boga UMY.

Aksi membagikan makanan berbuka ini masuk dalam kegiatan UMY Mengabdi selama Ramadan 1442 H, yang sejatinya sudah dilaksanakan sejak tahun 2020.

Menurut Koordinator UM Boga Veri Widodo, pada hari pertama puasa tanggal 13 April 2021 kemarin, UMY membagikan 1.000 paket menu berbuka dan 500 paket sahur untuk mahasiswa secara cuma-cuma.

Baca juga: Cerita Ramadhan di Perancis, Wisnu Punya Trik Puasa Berdurasi Panjang

Siapkan ribuan menu buka dan sahur

Tak disangka animo mahasiswa begitu tinggi, banyak sekali mahasiswa yang datang ke kampus sehingga beberapa dari mereka ada yang tidak kebagian.

Melihat kondisi tersebut, UMY menambah jumlah makanan berbuka menjadi 1.500 dan 1.000 untuk sahur pada hari kedua. Kemudian ada 2.500 menu berbuka tanpa sahur di hari ketiga.

"Kami senang dan bersyukur kembali dipercaya untuk menyiapkan makanan berbuka dan sahur untuk mahasiswa tahun ini,” terang Veri dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Dalam menyiapkan makanan dengan jumlah ribuan per harinya dibutuhkan jumlah orang yang tak sedikit. UM Boga UMY memiliki 70 orang yang dilibatkan untuk melakukan proses memasak dan sebagainya.

Baca juga: Ingin Daya Tahan Tubuh Tetap Terjaga Saat Puasa? Ini Kata Dosen UGM

Dari 70 orang tersebut dibagi ke dalam beberapa tim yang terdiri dari tim dapur, tim packing, dan tim yang mempersiapkan dus makanan.

"Jadi dus yang akan dijadikan tempat makanan sudah disiapkan sehari sebelumnya, mengingat jumlahnya sangat banyak. Semua bertanggung jawab pada pekerjaan masing-masing, dan sejauh ini berjalan lancar. Meskipun kami juga masih mengerjakan pesanan harian selain berbuka untuk mahasiswa," beber Veri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X