Sampahku Tanggung Jawabku, Program Belajar Digital agar Anak Peduli Lingkungan

Kompas.com - 08/05/2021, 15:30 WIB
program belajar ?Sampahku Tanggung Jawabku? (Samtaku) Dok. Danoneprogram belajar ?Sampahku Tanggung Jawabku? (Samtaku)

KOMPAS.com - Menjaga kelestarian lingkungan menjadi salah satu cara mewariskan tempat hidup yang layak bagi anak-anak kelak. Tak hanya tanggung jawab orangtua, anak-anak juga perlu diajak untuk menjaga lingkungan yang akan menjadi tempat hidupnya di masa kini dan nanti.

Sayangnya, pemberian materi tentang pentingnya menjaga lingkungan kerap disajikan kurang menarik bahkan bisa dibilang jarang.

Guna memudahkan tenaga pendidik dan orang tua memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya bertanggung jawab atas lingkungan, Aqua bekerja sama dengan wadah edukasi digital Sekolah.mu, meluncurkan program belajar “Sampahku Tanggung Jawabku” (Samtaku) dalam format digital.

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Program Samtaku sendiri merupakan kelanjutan dari komitmen Bijak Berplastik Aqua dalam pilar edukasi untuk mengedukasi lebih dari 100 juta konsumen dan 5 juta anak usia sekolah yang dicanangkan dan dimulai sejak tahun 2018.

Materi yang menarik bagi anak

Tahun ini, materi program SAMTAKU dikemas secara digital agar materi yang berkualitas dan menarik dapat lebih mudah diakses dan tersedia kapan saja.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di dalam program belajar terintegrasi digital Samtaku, anak-anak mendapatkan materi belajar yang interaktif, baik itu berupa video, buku cerita, aktivitas menyenangkan, dan berbagai panduan pengelolaan sampah yang dapat diakses selamanya secara gratis.

Pada akhir program, anak-anak diminta untuk melakukan aksi nyata dan mempraktikkan langsung pengetahuan yang sudah didapat. Anak-anak akan membuat biopori dan diminta menceritakan bagaimana proses pembuatannya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Sekolah Tatap Muka Juli, Orangtua Berhak Memilih

Seluruh aksi dan karya anak akan terdokumentasi pada portofolio yang dapat dijadikan referensi untuk penilaian perkembangan anak di sekolah maupun bagi orang tua.

Dengan berbasis digital, program belajar Samtaku dirancang sedemikian rupa guna memastikan semua anak Indonesia dapat mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan usia pendidikan mereka.

Kolaborasi banyak pihak

Inisiatif ini dikembangkan guna mendukung pembelajaran jarak jauh yang tengah diimplementasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi selama pandemi ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X