Kompas.com - 06/04/2021, 14:55 WIB
Jaringan 4G yang berhasil dipasang oleh Tim dari ITB di daerah 3T. DOK.Laman ITBJaringan 4G yang berhasil dipasang oleh Tim dari ITB di daerah 3T.
|

KOMPAS.com - Hingga kini, masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjamah sinyal internet. Terlebih di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Guna mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ), ITB-STEI-PUI Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB) berkontribusi dalam membangun jaringan 4G di daerah 3T.

Adapun pembangunan jaringan internet itu dilakukan di daerah Maluku dan NTT sebagai daerah 3T yang belum memiliki infrastruktur memadai.

Hal ini dikarenakan belum banyaknya populasi di daerah tersebut sehingga dirasa belum komersial bagi operator telekomunikasi yang ada.

Baca juga: Menristek: Setahun Pandemi, Ada 61 Produk Inovasi Anak Bangsa

Tak semua daerah mendukung PJJ

Melansir laman ITB, Selasa (6/4/2021), Guru Besar ITB, Prof. Trio Adiono ST., MT., Ph.D., mengatakan semenjak pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia, sistem pembelajaran dipaksa untuk berubah dari konvensional menjadi digital.

Sekolah dan universitas menerapkan PJJ. Namun kenyataannya tidak semua daerah memiliki sinyal telekomunikasi yang baik khususnya daerah 3T untuk melaksanakan PJJ tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini mengakibatkan daerah tersebut tidak memungkinkan untuk mengakses konten elektronik atau kelas jarak jauh.

Oleh karena itu, semenjak 12 tahun terakhir tim ITB-STEI-PUI PT Mikroelektronika telah mengembangkan perangkat Base Transceiver Station (BTS) untuk menyediakan koneksi data kecepatan tinggi berbasis teknologi 4G LTE.

"BTS ini dapat diakses melalui smartphone, tablet, komputer, dan perangkat lainnya," ujarnya seperti dikutip dari laman ITB.

Menurutnya, perangkat ini disebut dengan InfiniteBe, dikembangkan dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih dari 40 persen.

Baca juga: Mengenal Gempa Bumi, Sumber dan Bahayanya dari Pakar ITB

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.