Kompas.com - 06/04/2021, 14:30 WIB
Saat melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, siswa perlu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tangkap layar Instagram Direktorat SMPSaat melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, siswa perlu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan jika belajar tatap muka terbatas harus segera dilaksanakan.

Dengan catatan semua guru dan tenaga kependidikan telah menerima vaksin lengkap sebanyak dua kali.

Meski pemerintah sudah memberikan lampu hijau bagi tiap sekolah untuk melakukan belajar tatap muka terbatas, protokol kesehatan harus terus diterapkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri mengenai penyelenggaraan belajar tatap muka, pemerintah pusat telah memberi wewenang kepada pemerintah daerah untuk perizinan belajar tatap muka di tahun 2021.

Namun, pelaksanaan belajar tatap muka tentu harus dengan berbagai syarat dan ketentuan.

Baca juga: Mendikbud: Ini 7 Ciri yang Harus Dimiliki Guru Penggerak

Penerapan PHBS di sekolah

Salah satu yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan belajar tatap muka adalah Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Bagi siswa SMP, apakah sudah mengetahui apa itu Penerapan Hidup Bersih dan Sehat? Jika belum, mari simak bersama ulasan berikut ini.

Merangkum akun Instagram Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berdasarkan pedoman PHBS, ada banyak indikator PHBS pada pendidikan di tingkat SMP sederajat.

Baca juga: SKB 4 Menteri: 3 Kegiatan Belum Diperbolehkan Saat Sekolah Tatap Muka

Contoh indikatornya antara lain:

1. Kantin sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X