Kompas.com - 27/03/2021, 07:59 WIB
Ilustrasi COSMOPOLITAN.CO.UKIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa yang baru saja lulus kuliah tentu mengidam-idamkan bisa segera mendapatkan pekerjaan. Selain bisa merasakan tantangan dunia kerja, mendapatkan penghasilan tiap bulan dari hasil jerih payah sendiri merupakan sebuah pencapaian.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, mendapatkan pekerjaan dalam waktu singkat bukan perkara mudah. Termasuk mendapatkan pekerjaan sesuai bidang pendidikan atau sesuai dengan minat.

Nah, bagi para fresh graduate, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih ketika mencari pekerjaan yang berbeda dengan jurusan semasa kuliah.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Merangkum akun instagram resmi, Kementerian Tenaga Kerja (@kemnaker) menyampaikan tips bagi fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan beda jurusan.

1. Siapkan portofolio yang memadai

Kalian bisa mengumpulkan portofolio dengan melakukan beberapa kegiatan, seperti:

  • Magang
  • Bekerja freelance
  • Bekerja part time

2. Menambah kemampuan berbahasa asing

Pada hakikatnya semua bidang pekerjaan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mahir berbahasa asing. 

Terutama perusahaan besar dan start up yang mulai go internasional.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA, D3-S1

3. Pelajari profil perusahaan

Dengan mempelajari perusahaan, perekrut akan menganggapmu sebagai pribadi yang proaktif dan siap mempelajari hal-hal baru.

4. Berpenampilan menarik dan profesional

Pastikan penampilan kamu tampak rapi, bersih dan tidak salah kostum sewaktu melamar pekerjaan.

Itu dia 4 tips yang bisa dipraktikkan kalangan fresh graduate yang hendak mencari pekerjaan beda jurusan. Semoga berhasil. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X