Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Efektif Pengambilan Keputusan Sesuai Kepribadian

Kompas.com - 23/03/2021, 14:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada pepatah bijak yang sering kita dengar 'hidup adalah pilihan'.
Tapi menentukan pilihan tentu tidak mudah. Perlu pertimbangan, apalagi jika hal itu menentukan sesuatu yang penting.

Dalam menentukan keputusan juga harus bijak sehingga dapat membawamu kepada tujuan yang diinginkan.

Ternyata ada lho penelitian mengenai gaya pengambilan keputusan. Penelitian ini diinisiasi dan dilakukan oleh Alan J. Rowe, seorang profesor emeritus dalam bidang manajemen dan organisasi dari Marshall School of Busineshs.

Ada empat gaya pengambilan keputusan yang dikembangkan dari teori kepribadian psikolog Carl Gustav Jung.

Baca juga: Pilih Jurusan Kuliah, Ikut Tes Minat Bakat Gratis Kompas.com-Quipper

Langsung (directive)

Ini adalah tipikal pengambil keputusan yang cepat, dimana orang yang memiliki karakter ini tidak ingin membuang waktu berlama-lama dalam melakukan analisis pilihan yang ada dan segera mengambil tindakan yang runtut.

Tips yang perlu diperhatikan

  • Lebih cermat dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dengan mengupayakan mencari data-data yang relevan/sesuai sebagai dasar dalam memutuskan beberapa pilihan.
  • Apabila menghadapi situasi baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya, cobalah untuk lebih terbuka dalam menerima saran pihak-pihak lain untuk mendapatkan keputusan terbaik.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Analitis (analytic)

Ini adalah tipikal pengambil keputusan yang sangat berhati-hati, dan khawatir membuat keputusan yang salah karena tergesa-gesa dan merasa tidak nyaman apabila harus mengambil keputusan segera.

Tips yang perlu diperhatikan

  • Perlu menentukan tenggat waktu berapa lama yang diperlukan untuk menganalisis data-data yang ada sebelum mengambil keputusan, sehingga tidak berlarut-larut dan justru akan merugikan.
  • Akan lebih baik untuk melibatkan orang lain dalam menganalisis data dan informasi yang tersedia sehingga keputusan yang diambil pun tidak terkesan terpusat.

Baca juga: Beasiswa S2 Malaysia, Kuliah Gratis dan Tunjangan Bulanan Rp 5,2 Juta

Konseptual (conceptual)

Ini adalah tipikal pengambil keputusan yang terbuka dengan cara-cara baru dan berani menghadapi risiko, memiliki visi untuk mengambil keputusan jangka panjang, tetapi kurang cepat dalam menentukan rencana tindakan jangka pendek yang harus segera diterapkan.

Tips yang perlu diperhatikan

  • Perlu berlatih untuk bertindak melaksanakan keputusan yang telah diambil hingga tuntas, sehingga dapat benar-benar mencapai hasil yang diharapkan.
  • Agar tercipta manajemen risiko yang lebih objektif, kurangi optimis berlebihan terhadap keputusan dengan risiko tinggi yang didasari pada intuisi pribadi tanpa data yang memadai.

Baca juga: Seri Keluarga Super Irit: Belajar Hemat dan Life Hack dari Buku Ini

Perilaku (behavior)

Ini adalah tipikal pengambil keputusan yang mempedulikan dampaknya terhadap orang lain. Seseorang dengan gaya ini memperhatikan kepentingan kelompok yang dianggap lebih utama daripada kepentingan pribadi, sehingga berusaha keras untuk senantiasa menjaga hubungan baik dengan semua pihak.

Tips yang perlu diperhatikan

  • Perlu lebih percaya diri dalam mengambil keputusan pribadi tanpa tergantung pada masukan atau saran dari orang lain. Mulailah dengan mengambil keputusan pribadi pada hal-hal yang tidak terlalu berisiko.
  • Akan lebih baik untuk tidak terlalu menuntut diri sendiri dalam menyenangkan semua orang, karena hal itu akan membuat pengambilan keputusan semakin sulit.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Buku #NOFILTER Ungkap Kisah di Balik Instagram

Saat ini, apakah kamu sudah mengetahui gaya pengambilan keputusan yang paling sesuai dengan diri kalian?

Nah untuk mencari tahu karakteristik pribadimu dalam mengambil keputusan dengan mengikuti Tes Gaya Pengambilan Keputusan dari Quipper Campus.

Temukan tes menarik lainnya untuk mengukur minat dan bakat, serta potensi dirimu di website Quipper Campus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com