Kompas.com - 21/03/2021, 14:34 WIB
Ekonom R. Thaler membahas ekonomi perilaku di buku misbehaving DOK.GPUEkonom R. Thaler membahas ekonomi perilaku di buku misbehaving

Penulis: Zia Anshor

KOMPAS.com - Apakah ilmu ekonomi rasional? Bisa dibilang begitu. Sebenarnya, Ilmu ekonomi yang mainstream isinya mengenai angka, logika, rasionalitas.

Misalnya, Kalau permintaan naik, harga naik. Kalau penawaran naik, harga turun. Atau contoh "rasional" nya lain dari seperti kalau suku bunga naik, orang menabung. Kalau suku bunga turun, orang mengambil kredit.

Jadi, ekonomi itu sebetulnya sangat presisi, logis, dan bisa diprediksi. Bisa juga lho meramal masa depan. Misalnya, kalau anda menabung 10 persen dari gaji Anda tiap bulan, maka ketika pensiun anda punya uang untuk biaya hidup.

Lalu, kenapa manusia tetap saja mengalami masalah ekonomi? Di situlah bedanya. Ilmu ekonomi mainstream itu rasional. Manusia-nya tidak.

Keresahan hubungan manusia dan ekonomi, sebetulnya menjadi perhatian salah satu ahli ekonomi peraih Hadiah Nobel, Richard Thaler. Sejak 1970-an, ia mempertanyakan apakah tepat menggunakan ilmu ekonomi yang logis–rasional untuk menjelaskan keadaan manusia.

Baca juga: Yuk Mengenal Leonardo da Vinci di Buku Why People? Leonardo da Vinci

Dari berbagai pengamatannya, Thaler lalu menuangkannya di dalam autobiografinya, Misbehaving: Terbentuknya Ekonomi Perilaku (GPU, 2020).

Dalam bukunya, Thaler menunjukkan banyak hal anomali mengenai ekonomi yang ia kumpulkan. Misalnya, fakta jika manusia seringkali tidak berperilaku rasional sesuai ilmu ekonomi. Akhirnya, prediksi ilmu ekonomi seperti di atas, seringkali tidak terjadi.

Contohnya, Seorang pembeli lebih memilih membeli sepeda motor dengan kredit berjangka panjang dibanding jangka pendek atau membeli tunai sekalian.

Padahal, pembeli jadi membayar lebih mahal kalau memilih kredit jangka panjang untuk barang yang nilainya turun seiring waktu.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X