Kuota Gratis 2021, Kemendikbud: Tak Bisa Gunakan Instagram dan TikTok

Kompas.com - 01/03/2021, 15:57 WIB
Ilustrasi Instagram dan Facebook Messenger XDA-Developers.comIlustrasi Instagram dan Facebook Messenger
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan program kuota gratis 2021 tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Instagram, Facebook, dan Tiktok.

"Semua bisa digunakan, bisa youtube di luar Instagram, Facebook, dan TikTok. Hampir semua bisa digunakan dari kuota gratis ini," ucap Mendikbud Nadiem Makarim secara daring, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Mendikbud Resmi Luncurkan Kuota Gratis 2021, Ini Rinciannya

Dia mengaku, memang program kuota gratis di tahun ini menjadi satu, yakni menjadi kuota umum saja.

Tidak seperti tahun 2020, kuota gratis terbagi menjadi dua, yakni kuota umum dan kuota khusus.

"Sekarang dengan kuota umum seperti ini, jauh lebih mudah," tegas Nadiem.

Tapi, saat kuota gratis tidak dipecah, membuat besaran kuota gratis makin menipis.

Untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saja akan memperoleh kuota gratis sebanyak 7 gigabyte (GB) per bulan. Padahal tahun lalu kuota gratis yang dikirim mencapai 15 GB per bulan.

Siswa pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebanyak 10 GB per bulan. Di tahun lalu 35 GB per bulan.

Sementara untuk guru PAUD, jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan. Di program kuota gratis tahun lalu mencapai 42 GB per bulan.

Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen, mereka akan memperoleh kuota gratis sebanyak 15 GB per bulan. Pada tahun lalu mereka memperoleh kuota gratis sebanyak 50 GB per bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X