Belajar Tatap Muka Pascavaksin: Memastikan Guru Siap dan Vaksin untuk Siswa

Kompas.com - 01/03/2021, 14:53 WIB
Meskipun pembelajaran tatap muka kembali dimulai, sekolah harus tetap hati-hati dengan menerapkan protokol kesehatan yang selama ini sudah diterapkan. Pendidik dan tenaga kependidikan harus sadar bahwa virus tidak hilang begitu saja meskipun sudah ada vaksin. DOK. TANOTO FOUNDATIONMeskipun pembelajaran tatap muka kembali dimulai, sekolah harus tetap hati-hati dengan menerapkan protokol kesehatan yang selama ini sudah diterapkan. Pendidik dan tenaga kependidikan harus sadar bahwa virus tidak hilang begitu saja meskipun sudah ada vaksin.

Oleh: Titien Suprihatien | Guru SMPN 11 Batanghari, Jambi

KOMPAS.com - Setahun sudah pembelajaran berlangsung dari rumah. Guru, siswa dan orangtua mulai lelah, karena belajar dari rumah tidaklah mudah.

Akhirnya kabar gembira datang juga. Vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan sudah dimulai pada tanggal 24 Februari 2021.

“Targetnya di bulan Juni nanti, lima juta guru dan tenaga kependidikan semuanya Insya Allah sudah selesai divaksin,” ungkap Presiden Joko Widodo (Kompas.com, 24/2/2021).

Edukasi vaksin untuk guru

Santernya berita hoaks dan provokasi di media sosial dan di masyarakat tentang bahan baku vaksin, status halal atau tidaknya vaksin, negara asal vaksin, hingga efek samping vaksin membuat ada guru masih takut untuk divaksin.

Lima juta guru di Indonesia berasal dari latar belakang yang berbeda, mulai dari perbedaan latar pendidikan, kecenderungan politik dan sosial, hingga budaya dan agama.

Kenyataan ini jelas akan memberikan kendala dalam program vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan.

Kondisi ini tentu tidak diharapkan pemerintah. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan harus diprioritaskan agar pembelajaran kembali normal pada bulan Juli tahun ini.

Bagaimana target ini dapat tercapai jika tidak semua guru bersedia divaksin?

Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan harus bekerja sama untuk menyebarkan edukasi tentang vaksin Covid 19 dengan berbagai cara.

Baca juga: Selain Vaksin untuk Guru, Ada Dua Indikator Belajar Tatap Muka

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X