Kompas.com - 01/03/2021, 14:17 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim paparkan cara bagi yang belum memperoleh kuota gratis. DOK. KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim paparkan cara bagi yang belum memperoleh kuota gratis.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim resmi meluncurkan kuota gratis di 2021. Pemberian kuota gratis akan berlangsung selama tiga bulan, yakni Maret, April, dan Mei.

Nadiem mengaku, bagi yang belum pernah menerima kuota gratis dan nomornya mengalami perubahan, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca juga: Mendikbud Resmi Luncurkan Kuota Gratis 2021, Ini Rinciannya

"Tapi, bagi yang nomornya berubah dan belum menerima kuota gratis sebelumnya, maka baru bisa menerima di April 2021," kata Nadiem secara daring, Senin (1/3/2021).

Adapun cara yang bisa dilakukan adalah calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021. Sehingga bisa memperoleh bantuan kuota gratis.

"Jadi siswa atau guru bisa melapor ke pimpinan sekolah maupun perguruan tinggi, agar dapat dan merasakan kuota gratis dari pemerintah," sebut dia.

Lalu, pimpinan atau operator sekolah dan perguruan tinggi harus mengunggah SPTJM untuk nomor yang barubah atau nomor baru yang akan memperoleh kuota gratis.

Halaman unggahnya di http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang sekolah) atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi).

Syarat penerima kuota gratis

Bagi Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar menengah, yakni harus terdaftar di aplikasi Dapodik dan memiliki nomor ponsel aktif atas nama siswa, orangtua, anggota keluarga atau wali.

Untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah, yakni terdaftar di aplikasi Dapodik dan memiliki nomor ponsel yang aktif.

Baca juga: Guru Tak Terdaftar Vaksinasi, Mendikbud: Bawa Surat Pernyataan Kepsek

Sedangkan untuk mahasiswa, harus terdaftar di PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda, memiliki kartu rencana studi pada semester berjalan, dan memiliki nomor ponsel aktif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X