Kompas.com - 26/02/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi anak menjalani pembelajaran jarak jauh (Shutterstock/ Ann in the uk) Ilustrasi anak menjalani pembelajaran jarak jauh (Shutterstock/ Ann in the uk)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pendidikan sekolah selama satu tahun terakhir terpaksa menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau secara online akibat pandemi Covid-19.

Namun tidak semua siswa bisa mengakses belajar online, karena terkendala akses ponsel dan jaringan internet.

Baca juga: Kuliah di UGM? Ini Besaran Uang Kuliahnya

Di kota-kota besar, mungkin tidak banyak siswa yang mengalami kendala. Tapi di pedesaan bisa saja terjadi, karena keterbatasan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menurut Pakar Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya UGM Sailal Arimi, akibat kejadian itu membuat kualitas kemampuan bahasa siswa (anak) mengalami penurunan.

Hal itu, kata dia, karena guru tidak bisa menyampaikan materi ajar secara kontekstual.

Maka dari itu, guru diminta melakukan improvisasi dan inovasi dalam memberikan materi belajar, seperti membangun interaksi dengan siswa saat belajar online.

Ketika sudah sering berinteraksi, maka bisa mengasah kemampuan bahasa siswa.

"Kalau melihat dari sisi pendidikan dan pengajaran, banyak terjadi distorsi materi ajar, siswa hanya paham tekstual, seharusnya guru bisa bangun kontekstual," ucap dia melansir laman UGM, Jumat (26/2/2021).

Saat kondisi normal, bilang dia, seorang guru bahasa bisa mengajarkan materi secara kontekstual.

Tapi dikarenakan online, bahkan tidak semua siswa bisa belajar secara virtual, itu menyebabkan penyerapan materi ajar lebih bersifat tekstual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X