Kompas.com - 26/02/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak sekali perguruan tinggi. Tiap perguruan tinggi tentunya memiliki program pendidikan (prodi) yang paling diminati oleh lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan. Tapi ada pula program pendidikan yang justru sepi peminatnya.

Dari ratusan atau bahkan ribuan program pendidikan yang ada, ternyata ada beberapa program pendidikan yang hanya ada satu di Indonesia. Mau tau program pendidikan apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Merangkum akun Instagram Good News From Indonesia, ada 10 program pendidikan atau jurusan yang hanya ada satu di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Meski tak ditemukan di Perguruan Tinggi lainnya, tapi bukan berarti tidak punya prospek kerja yang bagus lho. Mari kita simak, program pendidikan apa saja sih yang hanya ada satu di Indonesia.

1. Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Prodi yang hanya ada di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 punya daya tampung 46 kursi. Sedangkan dalam SBMPTN tahun 2020, peminat jurusan ini mencapai 865 orang.

Melansir laman skpm.ipb.ac.id, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) menjadi program studi program sarjana peringkat kelima paling diminati di IPB oleh lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikannya.

Baca juga: 30 Jurusan UI dengan Daya Tampung Terbanyak di SBMPTN 2021

2. Astronomi

Jurusan yang melakukan pengamatan terhadap tata surya ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Prodi yang masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini pada SBMPTN 2020 dipilih oleh 1.237 orang. Sedangkan daya tampung SBMPTN 2021 hanya 142 kursi.

3. Teknik Nuklir

Jurusan ini hanya bisa ditemukan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Merangkum laman LTMPT, peminat Teknik Nuklir pada SBMPTN tahun 2020 sebanyak 311. Sedangkan daya tampung pada SBMPTN 2021 sebanyak 18 kursi.

4. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Selain Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, IPB juga memiliki prodi yang hanya terdapat satu di Indonesia. Yakni program pendidikan Ilmu Keluarga dan Konsumen.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Dari laman LTMPT, Ilmu Keluarga dan Konsumen dalam SBMPTN 2021 memiliki daya tampung sebanyak 32 sedangkan peminat dalam SBMPTN 2020 sebanyak 606 orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X