Jangan Kaget! Ini Rincian Biaya SPI Masuk ITS Jalur Mandiri

Kompas.com - 23/02/2021, 13:47 WIB
ITS membuka kuota sebanyak 1.1194 bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN 2021. Tangkap layar laman ITSITS membuka kuota sebanyak 1.1194 bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN 2021.
|

KOMPAS.com - Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ditutup besok, Rabu (24/2/2021). Bagi kalian calon mahasiswa baru yang belum berhasil mendaftar melalui jalur SNMPTN masih terbuka kesempatan di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Selain menimbang-nimbang perguruan tinggi hingga program pendidikan (prodi), masalah biaya kuliah juga harus kalian diskusikan bersama orangtua atau wali kalian.

Jika kalian ingin masuk ke Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS) Surabaya melalui jalur Seleksi Kemitraan Mandiri (SKM), selain biaya Uang Kuliah (UK) per semester ada pula Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang harus dibayar.

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk jalur mandiri dibayarkan sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa dan mahasiswi. Besarannya per program pendidikan berbeda-beda. Berikut rinciannya yang dirangkum dari laman ITS:

Fakultas Sains dan Analitika Data

1. Program Studi Fisika
Tarif Minimal SPI Mandiri: Rp 30 juta
Tarif Minimal SPI Kemitraan: Rp 60 juta

2. Matematika
Tarif Minimal SPI Mandiri: Rp 50 juta
Tarif Minimal SPI Kemitraan: Rp 75 juta

3. Statistika
Tarif Minimal SPI Mandiri: Rp 50 juta
Tarif Minimal SPI Kemitraan: Rp 75 juta

4.Statistika (IUP)
Tarif Minimal SPI Mandiri: Rp 75 juta
Tarif Minimal SPI Kemitraan: Rp 75 juta

5. Kimia
Tarif Minimal SPI Mandiri: Rp 50 juta
Tarif Minimal SPI Kemitraan: Rp 75 juta

6. Biologi
Tarif Minimal SPI Mandiri: Rp 30 juta
Tarif Minimal SPI Kemitraan: Rp 50 juta

Baca juga: Pakar Biologi Kelautan ITS: Begini Perlakuan Ikan Paus yang Terdampar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X