Kompas.com - 23/02/2021, 12:16 WIB
Hampir 100 paus pilot terdampar di Kepulauan Chatham dan terpaksa di-eutanasia. Departemen Konservasi Selandia BaruHampir 100 paus pilot terdampar di Kepulauan Chatham dan terpaksa di-eutanasia.
|

KOMPAS.com - Baru-baru ini puluhan ikan paus terdampar di Perairan Pantai Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura. Meski bukan hal baru, namun terdamparnya puluhan ikan paus ini tentu menyita perhatian pakar.

Dari sekitar 52 ikan paus yang terdampar, hanya satu ekor yang berhasil kembali ke laut lepas. Peristiwa paus terdampar memang bukan fenomena baru. Ternyata ada perlakukan khusus terhadap ikan paus terdampar agar menjaga mereka bisa bertahan hidup sebelum bisa dievakuasi ke laut lepas. 

Dari pengamatan Kepala Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Dr. Dewi Hidayati, beberapa peristiwa paus yang terdampar di pantai, masyarakat dengan kearifan lokalnya telah melakukan beberapa upaya penyelamatan.

Namun tidak semua orang tahu bagaimana menjaga agar paus tetap hidup sebelum mereka berhasil dievakuasi ke laut lepas.

Baca juga: Trik 5M dan MSS, Bantu Dosen Tingkatkan Kemampuan Menulis

Langkah mitigasi menangani paus terdampar

Dr. Dewi mengungkapkan, dengan cepatnya respon dari masyarakat diharapkan bisa membantu paus untuk kembali melakukan perjalanan migrasinya.

"Masyarakat lokal bersama institusi terkait dapat membuat protokol langkah mitigasi dalam menangani kasus paus yang terdampar. Pasalnya, tidak hanya sekali terjadi di Indonesia," kata Dewi seperti dikutip di laman its.ac.id, Selasa (23/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Besarnya tubuh paus lah yang menyebabkan ia tak dapat bermanuver kembali ke laut, sehingga dibutuhkan bantuan langsung dari manusia," ungkap Dewi.

Ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan masyarakat saat ini untuk mengatasi masalah paus terdampar di pantai. Misalnya dengan memprediksi kapan dan di mana peristiwa paus biasanya terdampar.

Baca juga: Dosen UGM: Lakukan Urban Farming sebagai Upaya Ketahanan Pangan

Jaga tubuh ikan paus tetap basah

Satu hal penting yang bisa dilakukan masyarakat yang menemukan paus terdampar yaitu dengan menjaga paus tetap dalam keadaan basah.

"Bisa digalakkan untuk membangun pos paus di sekitar pantai. Pos ini berfungsi sebagai pemantau kondisi pantai, juga bisa sebagai media edukasi paus," urai Dr. Dewi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.