Kompas.com - 16/02/2021, 15:19 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaku program D3 tidak memperoleh bantuan dana dari pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto secara daring, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: 3 Influencer Kenalkan Pendidikan Vokasi ke Masyarakat

"Di tahun ini, tidak lagi fokus pada pengembangan (memberikan dana) ke D3. Mohon maaf ini menjadi kebijakan," ungkap dia.

Dia menyebutkan, penguatan pendidikan vokasi akan lebih cenderung ke program D4 (Sarjana Terapan) dan SMK-D2 fast track.

Itu karena, kata Wikan, lulusan D4 lebih banyak diminati dan memiliki daya saing tinggi di dunia usaha, kerja, dan industri.

"Itu mengapa kita ingin mendorong upgrade D3 ke D4. Tapi harus dengan kemampuan link and super match dengan industri yang kemudian menjadi persyaratan," tegas dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, bilang dia, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga akan diarahkan menjadi SMK-D2 fast track. SMK ini juga diprioritaskan untuk diberi pendanaan.

Jenis SMK-D2 fast track merupakan sekolah yang siswanya memperoleh pendidikan di Politeknik atau kampus vokasi.

Dan nantinya di dua semester terakhir, siswa SMK-D2 fast track akan magang di dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

"Jadi kita fokuskan penguatan D4, SMK-D2 fast track, magister terapan, dan doktor terapan, jelas Wikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X