Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Siang Ini, Berikut 7 Cara Daftar SNMPTN 2021

Kompas.com - 15/02/2021, 11:26 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 dibuka siang ini, Senin 15 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Bagi siswa yang telah dinyatakan “eligible” untuk mengikuti seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN 2021, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan 7 langkah sukses mendaftar SNMPTN 2021.

"Hallo, Calon Mahasiswa Indonesia! Kami cukup banyak menerima pertanyaan terkait langkah-langkah mendaftar SNMPTN 2021. Maka dari itu, yuk kita simak dengan seksama bagaimana langkah-langkahnya! Perhatikan dengan teliti dan jangan sampai salah pilih ya!" tulis akun LTMPT, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

7 cara pendaftaran SNMPTN 2021

1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah ter-registrasi.

Pastikan kamu adalah siswa eligible, memiliki akun yang sudah permanen, dan memiliki nilai lengkap di PDSS.

2. Siswa mengisikan "Kelengkapan Data Orangtua" pada halaman Profil.

Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa yang telah diambil dari data yang telah diisikan di portal dan tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN.

Siswa hanya perlu mengisi kolom Kelengkapan Data Orangtua yang terdiri dai Penghasilan Orangtua serta jumlah Tanggungan Orangtua.

Setelah selesai mengisi Kelengkapan Data Orangtua tekan tombol Simpan. Dan setelah muncul keterangan "berhasil menyimpan kelengkapan data", kamu bisa melanjutkan ke halaman pilihan.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman Pilihan.

Memilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri, setelah itu akan muncul Daftar Prodi.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun. Dan disarankan tidak lintas minat (tergantung PTN yang dituju).

Pada pilihan prodi terdapat kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai, maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

Pilih Simpan dan jika berhasil akan muncul notifikasi "Berhasil menyimpan pilihan, silakan mengisi portofolio/ prestasi."

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

4. Siswa mengisikan portofolio (sesuai kebutuhan prodi)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com