Kompas.com - 09/02/2021, 14:56 WIB
Nizam saat memaparkan program kampus mengajar 2021 DOK. Laman zoom kemendikbudNizam saat memaparkan program kampus mengajar 2021

KOMPAS.com- Untuk memajukan pendidikan bagi semua siswa di seluruh Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka peluang bagi mahasiswa bisa menjadi guru bagi siswa sekolah dasar tahun ini.

Melalui program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021, sebagai implementasi Kampus Merdeka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengajak mahasiswa bisa mengajar di wilayah 3T (terdepan, tertinggal dan terluar).

"Bagi mahasiswa yang berpartisipasi di dalam acara ini, saya berharap bisa mengajar adik-adik Sekolah Dasar (SD) selama 12 minggu di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar)," ujarnya, melalui zoom webinar Peluncuran Kampus Mengajar, Selasa (9/2/2021).

Namun, bagi mahasiswa yang nanti terpilih melalui program ini bisa mendapat bantuan pendidikan hasil kerjasama Kemendikbud dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Hal ini, ditegaskan langsung oleh Direkrtur Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nizam. Ia mengatakan ada insentif yang jumlahnya dapat membantu mahasiswa selama menempuh pendidikan di kampus dan program Kampus Mengajar ini.

Baca juga: Siang Ini, Mendikbud Nadiem Ajak Semua Mahasiswa Daftar Kampus Mengajar

"Bantuan biaya hidup Rp 700 ribu per bulan dan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) maksimal sebesar Rp 2,4 juta, namun besarannya tergantung uang kuliah di masing-masing perguran tinggi," kata Nizam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bantuan UKT maksimal sebesar Rp 2,4 juta ini dikatakan Nizam sudah diperhitungkan matang dan diharapkan bisa membantu memfasilitasi pendidikan para mahasiswa.

Ia mengatakan, bantuan insentif tidak cuma diberikan kepada mahasiswa saja. Bagi dosen pembimbing lapangan juga mendapat mendapat insentif dari Kemendikbud. "Serta kami berikan sertifikat bagi dosen pembimbing kegiatan," ujar dia.

Baca juga: Kampus Merdeka, Tamparan dan Terobosan Dunia Pendidikan Tinggi Kita

Sementara, alur pendaftaran Kampus Mengajae Angkatan 1 adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran pada 9-21 Februari 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.