Kompas.com - 09/02/2021, 06:35 WIB
Salah satu sudut di kampus IPB University. DOK.Laman IPB UniversitySalah satu sudut di kampus IPB University.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) mengaku sistem penerimaan mahasiswa baru akan dilakukan secara online.

Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru IPB, Nurhayati mengatakan, penerimaan mahasiswa baru secara online, guna mempermudah proses pendaftaran diri.

 

Bahkan, kata dia, selama dua tahun terakhir sistem penerimaan mahasiswa baru IPB sudah bertransformasi dari manual ke online.

Baca juga: IPB Buka 4.250 Kuota Mahasiswa dari Berbagai Program Seleksi

"Jadi pendaftarannya diarahkan ke website admisi.ipb.ac.id, untuk berbagai layanan dan informasi," sebut dia melansir laman IPB, Selasa (9/2/2021).

Dia menegaskan, dengan proses online, maka tahap pendaftaran dari seleksi hingga verifikasi berkas bisa dilakukan dari rumah.

Dia menyebutkan, IPB setiap tahun biasanya menerima mahasiswa multistrata, dari Diploma, Sarjana, Pendidikan Profesi, Program Magister hingga Doktor.

Khusus calon pendaftar Sarjana bisa menggunakan tiga jalur seleksi, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

Saat ini, bilang dia, program Sarjana IPB memiliki 34 program studi kelas reguler dan 5 program studi kelas internasional.

Baca juga: Mahasiswa, IPB Berikan 7 Keringanan UKT dan Biaya Pendidikan

Sedangkan program Diploma, jalur masuknya lewat Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI), jalur Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) dan Jalur Kerjasama.

Asisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru IPB, Utami Dyah Syafiri menambahkan, bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima masuk IPB akan melakukan verifikasi berkas secara online.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X