Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19 dari Akademisi IPB

Kompas.com - 07/01/2021, 16:50 WIB
Dian Ihsan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Tim Bimbingan dan Konseling IPB, Melly Latifah mengatakan, menjaga kesehatan mental saat pandemi Covid-19 sangatlah penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengubah cara pandang.

Tak lupa, kata Melly, kamu juga harus berpikir positif, solutif, berusaha mengambil hikmah, serta mengingat kondisi pandemi Covid-19 ini dialami semua orang.

Baca juga: Pakar IPB: Jenis Makanan Ini Cegah Covid-19

"Ini yang akan membantu kamu menjaga kesehatan mental saat pandemi Covid-19," ungkap Melly melansir laman IPB, Kamis (7/1/2021).

Selain itu, bilang dia, kamu juga harus fokus mengurangi kebiasaan buruk, seperti begadang dan menunda pekerjaan yang sedang dipikul.

"Karena ketika menunda pekerjaan membuat beban semakin bertambah dan mempengaruhi kesehatan mental," ucap Melly.

Kemudian, dia menyebutkan, kamu harus bisa meningkatkan kemampuan meregulasi diri.

Tujuannya, kata dosen di Fakultas Ekologi Manusia (IKK-Fema) IPB ini, agar semakin mahir dalam menyalurkan emosi yang dimiliki secara tepat.

"Menjaga kesehatan mental di pandemi Covid-19 sebenarnya adalah perkara kemampuan seseorang dalam mengelola berbagai tekanan dan tuntutan di sekitarnya," jelas dia.

Baca juga: Guru Besar IPB: Daun Kelor Lebih Baik dari Jeruk dan Wortel

Apabila terjadi masalah kehidupan, dia berpesan agar kamu bisa mendatangi teman dekat atau konselor. Semakin lama dibiarkan masalah kehidupan, maka kesehatan mental kamu akan terpengaruhi.

"Saat badan kita sakit saja segera diobati, jadi saat kesehatan mental tidak baik, maka kamu tidak perlu merasa itu sebagai aib," tegas dia.

Rasa takut dan cemas di masa Covid-19

Melly menekankan, memang masa pandemi Covid-19 membuat takut dan cemas bagi semua orang. Karena, mereka berpikir akan kesehatan dan keselamatan diri, serta orang-orang terdekat.

Ditambah lagi, proses belajar online di masa pandemi ini sangat menyulitkan mahasiswa dan juga orangtua yang mengajarkan para anaknya.

Hal itu menjadikan kesehatan mental mereka terganggu, karena banyaknya tekanan yang dipikul.

"Untuk mengatasi itu, mereka banyak yang mencari pengalihan lain, seperti membaca komik online, bermain game, hingga menonton film drama," tutur dia.

Jumlah pasien Covid-19

Sekedar informasi, jumlah pasien Covid-19 bertambah 9.321 kasus baru hingga Kamis (7/1/2021). Sehingga total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 797.723 orang, terhitung sejak diumumkannya pada 2 Maret 2020.

Data pasien meninggal akibat Covid-19 bertambah sebanyak 224 orang. Dengan demikian, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia menjadi 23.520 orang.

Baca juga: Harga Tempe Naik, Pakar UGM: Perlu Substitusi dan Tingkatkan Kedelai

Sedangkan data yang sembuh dari Covid-19 bertambah 6.924 orang. Dengan begitu, total pasien yang sembuh dari Covid-19 menjadi 659.437 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com