Kompas.com - 28/01/2021, 11:27 WIB
|

KOMPAS.com - Rencananya, Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 diselenggarakan mulai Maret 2021. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk menunda pelaksanaan AN 2021.

Nantinya, AN 2021 diundur menjadi September sampai Oktober 2021. Mendikbud Nadiem Makarim memastikan Asesmen Nasional akan tetap dilaksanakan tahun ini.

Tentu, untuk mengetahui learning outcome dan seberapa besar gap loss yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, kalau AN tidak dilaksanakan tahun ini, data tersebut akan sulit diketahui.

Hal itu diungkapkan Mendikbud saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI secara virtual, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Nadiem Makarim Pastikan Asesmen Nasional Tak Tambah Beban Siswa

Dijelaskan, siswa, guru, dan sekolah tidak perlu melakukan persiapan khusus menghadapi AN. Tetapi yang perlu dilakukan adalah merefleksikan dan memperbaiki mutu pembelajaran.

"Tidak perlu persiapan khusus yang harus dilakukan," ujar Mendikbud Nadiem seperti dikutip dari akun Instagram Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Kamis (28/1/2021).

"Bahwa tidak ada gunanya bayar-bayar bimbel untuk AKM karena tidak ada dampaknya terhadap kelanjutan pendidikan muridnya, PPDB, maupun angka, rapor," imbuh Mendikbud.

Sedangkan bagi guru, lanjut Nadiem Makarim, ini membantu memberikan visibilitas kepada guru untuk bisa memperbaiki diri dan juga sekolahnya.

"Ini adalah baseline untuk nanti kita melihat apakah nanti di tahun 2022 improvement atau tidak, dan lain-lain," tandas Mendikbud.

Berikut ini Asesmen Nasional bagi siswa, guru, sekolah dan orang tua:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.