Kompas.com - 28/01/2021, 10:55 WIB
Ilustrasi PJJ DOK. QUIPPERIlustrasi PJJ
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) mendonasikan 533 ponsel pintar (smartphone) yang juga dilengkapi dengan kartu perdana internet kepada siswa yang membutuhkan.

Ketua Umum IKA ITS, Sutupo Kristanto mengatakan, sebanyak 530 smartphone itu untuk siswa agar bisa melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di kala pandemi Covid-19.

Baca juga: Meski Tak Sempurna di PJJ, Kemendikbud: Jangan Rendahkan Guru

 

Selain donasi smartphone, alumni ITS juga menyerahkan 530 set perlengkapan yang berisi masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan.

"Itu semua guna mendukung penerapan PJJ dan protokol kesehatan oleh siswa dan guru," kata Sutopo melansir laman ITS, Kamis (28/1/2021).

Dia mengatakan, jumlah perangkat smartphone yang didonasikan memang masih terlampau jauh, bila dibandingkan dengan jumlah kebutuhan yang diperlukan.

Meski demikian, alumni ITS tetap memberanikan diri bergotong royong menggalang donasi, dengan semangat untuk meringankan beban para guru dan siswa di tengah pandemi Covid-19.

"Setidaknya kita bisa memulai suatu hal yang kecil untuk lompatan yang besar dan berapa pun jumlah bantuan yang dapat kami berikan, itulah simbol kepedulian kami," ungkapnya.

Pemberian donasi ke beberapa daerah

Donasi smartphone langsung diserahkan Menko PMK Muhadjir Effendy kepada beberapa sekolah di wilayah pedesaan.

Yakni, tujuh SD, satu SLB swasta, dan satu SMK swasta yang tersebar di Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).

Baca juga: 9 Bulan PJJ , Mendikbud Nadiem: Siswa Bisa Putus Sekolah

Untuk menentukan siswa sekolah yang memperoleh smartphone, alumni ITS dibantu Yayasan Nurani Dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X