3 Jalur Masuk UI Ini Tawarkan Beasiswa dan Penyesuaian Biaya Kuliah

Kompas.com - 19/01/2021, 12:52 WIB
Universitas Indonesia ShutterstockUniversitas Indonesia

KOMPAS.com - Universitas Indonesia kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengajukan beasiswa dan penyesuaian uang kuliah sesuai dengan kemampuan finansial orangtua maupun wali.

Melansir Informasi Umum Program Sarjana dan Vokasi UI, mahasiswa yang diterima melalui Program Reguler S1 dapat mengajukan beasiswa dan skema Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan.

BOP Berkeadilan merupakan penyesuaian biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. Calon mahasiswa baru yang diterima melalui Program Reguler S1 mempunyai hak untuk bisa mengajukan BOP-B.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 6 Juta Per Bulan

Program S1 Reguler UI sendiri dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya dengan SIMAK UI.

Program S1 Reguler UI terbatas untuk pendaftar lulusan SMA dan sederajat dengan maksimal 3 tahun kelulusan, contoh SBMPTN 2021 dapat diikuti lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019.

Cara ajukan BOPB

BOPB dapat diajukan oleh mahasiswa baru program S1 Reguler yang lulus dari jalur masuk SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri S1 Reguler.

Setiap tahunnya, rata-rata sebanyak 30 persen dari jumlah mahasiswa baru mengajukan BOPB. Menariknya, 10 persen dari jumlah yang mengajukan tersebut mendapat kemudahan membayar biaya kuliah.

Baca juga: Hal Sepele yang Bisa Membuat Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN-SBMPTN 2021

Mahasiswa baru UI dapat mengajukan BOPB dengan membawa serta berkas-berkas yang berisi data diri dan keluarga.

Selanjutnya, UI akan melakukan verifikasi dan penilaian terlebih dahulu sebelum menetapkan biaya pendidikan yang akan dibayarkan calon mahasiswa.

Dengan demikian, tidak semua besaran biaya yang diajukan akan diterima karena akan disesuaikan dengan kemampuan finansial penanggung biaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X