Yuk Mengenal Jurusan Meteorologi ITB Berikut Prospek Kerjanya

Kompas.com - 19/01/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi perubahan iklim. World Meteorological Organization (WMO) mencatat 2020 adalah salah satu tahun terpanas dalam sejarah iklim Bumi. SHUTTERSTOCK/ParabolStudioIlustrasi perubahan iklim. World Meteorological Organization (WMO) mencatat 2020 adalah salah satu tahun terpanas dalam sejarah iklim Bumi.
|

KOMPAS.com - Awal tahun ini, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) telah meluncurkan sistem PMB 2021. Jalur yang pertama untuk masuk PTN ialah melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Bagi siswa kelas 12 SLTA, maka harus mempersiapkan diri dengan baik. Jika ingin kuliah di kampus negeri maka bisa ikut jalur SNMPTN 2021.

Tapi, apakah kamu sudah menentukan jurusan kuliah yang akan diambil? Apakah kamu senang mengamati cuaca atau mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya.

Melansir laman Institut Teknologi Bandung ( ITB), Selasa (19/1/2021), ada jurusan kuliah yang mempelajari hal itu, yakni jurusan atau Prodi Meteorologi ITB.

Baca juga: Intip Daftar Lengkap Jurusan Kuliah ITB Jenjang S1

Prodi Meteorologi ITB

Apa itu Meteorologi? Ilmu tentang meteor? Tentu saja bukan. Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya, yang terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau biasa disebut udara.

Tentunya, semua orang mengetahui cuaca dan iklim dapat sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Contohnya saja petani menentukan musim panen dengan melihat cuaca dan iklim, pengetahuan ini sudah diketahui oleh nenek moyang kita sejak lama.

Namun, banyak yang tidak dapat menjelaskan hal tersebut secara ilmiah. Dengan adanya ilmu meteorologi, hal itu dapat dijelaskan secara logis.

Gejala-gejala alam lainnya seperti puting beliung, angin topan, juga akan dipelajari pada program studi Meteorologi.

Tidak hanya mempelajari mengapa bencana alam tersebut terjadi, namun juga mempelajari apa yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menanggulangi dan meminimalisir dampak dari bencana alam tersebut.

Ternyata, ilmu meteorologi juga terkait dengan ilmu-ilmu lainnya. Misalnya dengan ilmu Arsitektur. Dengan pengetahuan para ahli meteorologi, maka para arsitek dapat mendesain bangunan-bangunan sesuai dengan kondisi iklimnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X