Akademi Ritel Gramedia Siapkan Tenaga Kerja Andal di Wisuda Ke-12

Kompas.com - 13/01/2021, 19:10 WIB
Acara Wisuda ARG Batch 12 yang digelar secara daring. DOK.Akademi Ritel GramediaAcara Wisuda ARG Batch 12 yang digelar secara daring.

KOMPAS.com - Sebanyak 44 Penata Ritel resmi diwisuda dari Akademi Ritel Gramedia (ARG) secara daring. Wisuda daring yang digelar pada, Jumat (5/12/2020) merupakan Wisuda ARG Batch 12 yang berhasil menuntaskan pendidikan dan pelatihan tenaga ritel oleh Gramedia.

Dari yang awalnya sejumlah 69 orang berasal dari 21 kota, kemudian berhasil lulus sebanyak 44 mahasiswa dari 15 kota berbeda. Seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Bali, Lombok, Padang, Palembang, dan Medan.

Tentu, lulusnya 44 mahasiswa ini menjadi angin segar bagi perusahaan yang membutuhkan. Termasuk angin segar juga bagi pemerintah. Sebab, adanya pelatihan ini merupakan upaya ARG untuk meminimalisir angka pengangguran.

Menurut Plt. Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia Nora Kartika Setyaningrum, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) ada 7,1 juta pengangguran di bulan Agustus 2019.

Baca juga: Asyik, Mahasiswa UGM Kembali Terima Pengurangan UKT di 2021

"Jumlah pengangguran di Indonesia saat ini sudah mencapai 9.9 juta orang, oleh karena itu kita harus bekerja keras dan membangun diri menuju keseriusan," ujar Nora Kartika Setyaningrum saat menghadiri Wisuda ARG Batch 12 sekaligus Penerimaan Mahasiswa Baru ARG Batch 13.

Sementara General Manager Human Resource Division of Gramedia, Ant. Bambang Nuryono menyatakan, semua yang tergabung di ARG, memang dipersiapkan langsung masuk dunia kerja.

"Karena selama pelatihan, mereka mendapat materi yang padat juga waktu yang tidak sebentar," kata Bambang.

Dijelaskan, program belajarnya sendiri dilakukan selama 1 bulan dan magang 2 bulan. Pada program belajar, mahasiswa ARG mempelajari 8 mata kuliah lewat model sinkronus dan asinkronus.

Karena kurikulumnya dikembangkan oleh Gramedia sebagai perusahaan ritel dengan pengalaman selama 50 tahun, tentu Kurikulum dan model pendidikannya pun berkualitas.

Bahkan, saat program magang semua mahasiswa diajak mempraktikkan langsung pengetahuan dan keterampilan di Gramedia Store.

Apalagi, jaringan Gramedia Store yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai Aceh hingga Papua tentu menambah pengalaman yang berbeda. Jaringan yang luas ini juga membuat ARG bisa menjangkau mahasiswa dari seluruh kota di Indonesia.

Pada acara wisuda itu juga diikuti mahasiswa baru ARG Batch 13 yang sudah memulai pembelajaran di waktu yang sama.

Baca juga: 5 Keterampilan Mahasiswa yang Wajib Dikuasai Saat Kuliah

Selama proses wisuda, diumumkan juga Predikat lulusan terbaik ARG Batch 12 diberikan kepada Shendy Pratama dari Kampus ARG Palembang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X