Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Kenali Istilah-istilah Penting Seleksi Masuk PTN 2021

Kompas.com - 13/01/2021, 18:54 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Seleksi penerimaan mahasiswa baru 2021 kini sudah di depan mata. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah meluncurkan sistem Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Tak hanya SNMPTN, UTBK atau SBMPTN, calon mahasiswa juga akan menemui beragam istilah yang dipakai dalam seleksi masuk PTN.

Agar persiapan seleksi masuk PTN lebih matang, berikut berbagai istilah yang terkait dengan SNMPTN dan SBMPTN 2021, merangkum dari Rencanamu.id:

Baca juga: Mau Kuliah di UI? Ini Ragam Jalur Masuk UI dan Jadwal Seleksi

1. LTMPT: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga resmi yang menyelenggarakan seleksi masuk PTN (SBMPTN dan SNMPTN).

2. SNMPTN: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang sering disebut “jalur undangan”. Inilah jalur masuk PTN dengan melihat performa siswa di sekolah (semester 1 hingga 5). Kuota SNMPTN minimal 20 persen.

3. SBMPTN: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan skor Ujian (UTBK). Kuota minimal 40 persen. Namun di PTN berbadan hukum, seperti UI dan UGM, kuota SBMPTN-nya minimal 30 persen.

4. UTBK: Ujian Tulis Berbasis Komputer. Skor UTBK akan digunakan untuk SBMPTN. Selain SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta, namun tetap tergantung kebijakan kampus.

5. Seleksi Mandiri: Seleksi yang diselenggarakan masing-masing PTN. Seperti Ujian Tulis UGM, Ujian Seleksi Mandiri ITB, SIMAK UI, dan lainnya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

6. Saintek: Istilah untuk program studi/jurusan bidang sains dan teknologi, seperti Kesehatan, Teknik, dan lainnya. Istilah tidak resminya adalah rumpun IPA.

7. Soshum: Istilah untuk program studi/jurusan bidang sosial dan humaniora, seperti Sastra, Ekonomi, Hukum, Komunikasi, dan lainnya. Istilah tidak resminya adalah rumpun IPS.

8. TPS: Tes Potensi Skolastik, merupakan salah satu tes di UTBK. TPS mengetes kemampuan kognitif yang dinilai penting dalam perkuliahan. Materi TPS meliputi 4 subtes, yaitu Kemampuan Kuantitatif, Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (sebagian soalnya berbahasa Inggris), serta Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

9. TKA Soshum: Tes Kompetensi Akademik yang merupakan tes di UTBK untuk memilih prodi bidang Soshum. Subtesnya adalah Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi.

10. TKA Saintek: Tes Kompetensi Akademik yang merupakan tes di UTBK untuk memilih prodi bidang Saintek. Subtesnya adalah: Matematika IPA, Kimia, Biologi, dan Fisika.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

11. UTBK Campuran/TKA Campuran: Mengerjakan TKA Saintek sekaligus TKA Soshum pada UTBK untuk memilih prodi Saintek dan Soshum.

12. NISN: Nomor Induk Siswa Nasional. NISN diperlukan untuk mendaftar di LTMPT.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com