Mau Kuliah di UI? Ini Ragam Jalur Masuk UI dan Jadwal Seleksi

Kompas.com - 13/01/2021, 16:49 WIB
Universitas Indonesia ShutterstockUniversitas Indonesia

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang bercita-cita menjadi mahasiswa berjaket kuning di tahun 2021, saatnya mengenali beragam jalan menuju Universitas Indonesia.

Belum lama ini, UI mengadakan sosialisasi terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta Jalur Masuk UI 2021.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris menyampaikan, UI mengundang seluruh anak bangsa untuk berkompetisi melalui Seleksi Nasional maupun SIMAK UI dan menikmati pendidikan di universitas riset terkemuka di Asia Tenggara yang inklusif dan modern.

Baca juga: Intip 40 Prodi dengan Persaingan Terketat di SNMPTN 2020

"Sosialisasi ini diharapkan menjadi sarana komunikasi yang efektif antara pihak kampus dengan siswa/i SMA/sederajat di seluruh pelosok negeri," papar Abdul Haris seperti dilansir dari laman UI, Senin (11/1/2021).

Jumlah program studi Universitas Indonesia

Untuk S1 Reguler UI memiliki 64 prodi, S1 Paralel terdapat 40 prodi, dan di program pendidikan S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) terdapat jurusan yang single maupun double degree.

Pada jenjang S1 Paralel, terdapat 4 prodi baru di Fakultas Teknik, yaitu Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, Arsitektur Interior, dan Teknologi Bioproses.

Sementara itu, UI memiliki 9 program studi (prodi) di Program Pendidikan Vokasi, baik jenjang diploma 3 (D3) maupun jenjang diploma 4 (D4) yang baru tahun ini dibuka dengan 6 prodi baru, yakni Manajemen Rekord dan Arsip, Manajemen Bisnis Pariwisata, Produksi Media, Bisnis Kreatif, Prodi Fisioterapi, dan Terapi Okupasi.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Jalur masuk UI dan kuota tahun ajaran 2021/2022

Sejumlah pembaruan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UI tahun ajaran 2021/2022 antara lain:

1. Jalur Masuk S1 Reguler UI 2021 melalui:

  • Seleksi Nasional (SNMPTN & SBMPTN)
  • SIMAK UI

2. Jalur Masuk S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan Vokasi UI 2021 melalui:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X