Targetkan 1 Juta Mahasiswa di 2021, Ini Ragam Manfaat KIP Kuliah

Kompas.com - 12/01/2021, 13:49 WIB
KIP Kuliah Dok. KemendikbudKIP Kuliah

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) akan melanjutkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah ( KIP Kuliah) di tahun 2021 sebagai bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP).

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait program prioritas Kemendikbud di tahun 2021.

"Di tahun 2021 apa saja program prioritas yang akan kita lakukan, yang pertama adalah KIP Kuliah, dilanjutkan," terang Nadiem dalam taklimat media secara daring, Selasa (5/1/2021).

KIP kuliah, lanjut Nadiem, akan menyasar 1,095 juta mahasiswa pada 2021, termasuk Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) juga akan menyasar 7.382 penerima.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah, Cek Dulu Universitas dan Prodi yang Kerja Sama

Nadiem menjelaskan, di tahun 2021 akan dilakukan berbagai macam pembaruan dan revitalisasi dalam distribusi KIP Kuliah.

Hal tersebut, lanjut Nadiem, bertujuan untuk mendorong pendidikan berkualitas bagi mahasiswa sebagai penerus bangsa Indonesia.

"PIP dan KIP yang sudah mengalami di tahun ini transformasi yang luar biasa, bisa dirasakan di berbagai macam daerah," imbuhnya.

Nadiem menyebut, kecepatan penerimaan PIP atau KIP di berbagai macam daerah di tahun 2020 sudah jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bantuan pembiayaan pendidikan sendiri menjadi salah satu program prioritas yang diusung Nadiem dalam menjadi bagian dari Merdeka Belajar 2021.

Baca juga: Kampus Swasta Ini Raih Predikat 4 Star di Pemeringkatan Dunia

Selain KIP Kuliah, bantuan pembiayaan juga diberikan untuk 17,9 juta siswa melalui KIP Sekolah. KIP Sekolah merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6-21 tahun).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X