Kompas.com - 04/01/2021, 12:32 WIB
Ketua LTMPT Prof Moh Nasih memaparkan mengenai tahapan SNMPTN 2021, jika tidak punya akun LTMPT maka tak bisa daftar. Tangkapan layar Youtube LTMPT OfficialKetua LTMPT Prof Moh Nasih memaparkan mengenai tahapan SNMPTN 2021, jika tidak punya akun LTMPT maka tak bisa daftar.
|

KOMPAS.com - Awal tahun 2021, menjadi tonggak sejarah bagi siswa kelas XII yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Terlebih yang ingin mendaftar di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Pada 4 Januari 2021, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah meluncurkan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021 secara virtual melalui kanal Youtube LTMPT OFFICIAL.

Selain mengenai SNMPTN 2021, LTMPT juga membahas mengenai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Dalam paparannya, Ketua LTMPT Prof. Moh Nasih menjelaskan skema SNMPTN 2021. Tentu, jalur ini bagi siswa kelas XII SLTA yang eligible atau berhak mendaftar (siswa berprestasi di sekolah).

Baca juga: SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 Diluncurkan, Ini Info Terbaru LTMPT

Tak hanya itu saja, siswa yang eligible juga harus melakukan registrasi akun LTMPT yakni mulai 4 Januari 2021 pukul 15.00 WIB.

"Registrasi akun LTMPT khusus diperuntukkan bagi lulusan 2021 dan akan ikut SNMPTN 2021. Nanti akan ditutup 1 Februari 2021. Kurang lebih ada waktu 27 hari," ujar Prof. Nasih.

Mengenai alur registrasi dan verifikasi akun sekolah, ialah:

  1. Sekolah mendaftarkan akun menggunakan NPSN dan kode registrasi yang ada di Pusdatin.
  2. Sekolah melakukan verifikasi dan validasi akun.
  3. Sekolah melakukan aktivasi akun menggunakan email.

Sedangkan alur registrasi dan verifikasi akun siswa:

  1. Siswa mendaftar akun menggunakan NISN, NPSN dan tanggal lahir.
  2. Siswa melakukan aktivasi akun menggunakan email.
  3. Siswa melakukan verifikasi dan validasi akun.

Tahapan PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)

1. Login

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X