Akhir Tahun, Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Berlaku 75 Hari

Kompas.com - 30/11/2020, 09:56 WIB
Foto dirilis Rabu (16/9/2020), memperlihatkan sejumlah siswa SDN Marmoyo, mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 ini memunculkan masalah tersendiri bagi anak-anak yang tinggal di wilayah pelosok Jombang yang tidak bisa mengakses jaringan internet. ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIFFoto dirilis Rabu (16/9/2020), memperlihatkan sejumlah siswa SDN Marmoyo, mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 ini memunculkan masalah tersendiri bagi anak-anak yang tinggal di wilayah pelosok Jombang yang tidak bisa mengakses jaringan internet.
|

KOMPAS.com - Guna mendukung pembelajaran jarak jauh ( PJJ) khususnya pembelajaran daring, pemerintah memberikan bantuan kuota internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

Hal ini tentu karena pandemi Covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan. Ada banyak siswa yang mengalami kendala kekurangan kuota internet untuk PJJ.

Khusus untuk November 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota data internet.

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, distribusi kuota bulan ketiga yaitu November dan bulan keempat, Desember didistribusikan sekaligus pada November.

Baca juga: 4 Tips Optimalkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbud

Dibagikan sekaligus

Menurut Plt Kepala Pusat Data dan Informasi, Muhammad Hasan Chabibie, sesuai Persesjen Kemendikbud, bahwa bantuan kuota data internet bulan Desember dibagikan sekaligus pada akhir November.

"Untuk itu, bagi seluruh peserta didik dan tenaga pengajar mohon dimanfaatkan bantuan kuota data internet ini untuk keperluan belajar," ujarnya seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Minggu (29/11/2020).

Dalam peringatan Hari Guru Nasional 2020 di Jakarta 25 November 2020, Presiden Joko Widodo mengatakan telah memberikan berbagai bantuan kepada seluruh warga satuan pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini agar kualitas pembelajaran tetap terjaga.

"Bantuan paket pulsa internet untuk pelajar dan guru, dan berbagai program peningkatan kualitas guru telah disediakan pemerintah," terang Presiden Joko Widodo.

Dalam petunjuk teknis tersebut, diterangkan bahwa bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X