Tips Gunakan Bantuan Kuota Internet Secara Maksimal

Kompas.com - 02/11/2020, 09:28 WIB
Demi Belajar Daring, Siswa Berburu Jaringan Internet ke Puncak Gunung dan Pepohon KOMPAS.COM/JUNAEDIDemi Belajar Daring, Siswa Berburu Jaringan Internet ke Puncak Gunung dan Pepohon
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia mengharuskan semua orang harus beraktivitas dari rumah. Sama halnya dengan siswa yang masih sekolah.

Kini, siswa harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, ada banyak kendala yang dihadapi siswa maupun orang tua.

Selain terkendala sulitnya jaringan internet, sebagian orang tua juga mengalami kesulitan kurangnya kuota internet.

Untuk itulah pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan bantuan kuota belajar bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Baca juga: Siswa, Yuk Mengenal Profesi di Bidang Penerbangan

Khusus siswa, besaran bantuan berbeda tiap jenjang pendidikan. Seperti bagi peserta didik jenjang PAUD besaran bantuan kuota internet 20 GB perbulan.

Sedangkan bagi peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah besarannya 35 GB perbulan. Bantuan kuota yang diberikan durasinya selama 4 bulan.

Namun, peserta didik yang mendapatkan bantuan kuota internet harus sudah terdaftar di Dapodik.

Akan tetapi, orang tua perlu menyiasati agar bantuan kuota internet bisa digunakan secara maksimal. Tapi, bagaimana caranya?

Melansir akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Minggu (1/11/2020), ini tips agar tidak boros menggunakan bantuan kuota internet.

Berikut ini tips menggunakan bantuan kuota internet secara maksimal:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X