Siswa SMP, Yuk Belajar Organ Jantung Manusia

Kompas.com - 24/11/2020, 07:37 WIB
Ilustrasi jantung yodiyimIlustrasi jantung
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengharuskan siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh ( PJJ). Termasuk siswa SMP. Maka, ada banyak referensi yang bisa dipelajari dari berbagai sumber.

Salah satunya dari Sumber Belajar Kemendikbud. Bagi siswa SMP, yuk belajar mengenal organ jantung manusia. Mulai dari pengertian dan fungsi jantung.

Melansir laman Sumber Belajar Kemendikbud, berikut ini pengertian, fungsi dan bagian-bagian jantung manusia.

Pengertian dan fungsi

Jantung adalah sebuah organ tubuh manusia yang berongga serta berotot yang berperan dalam sistem peredaran darah manusia.

Baca juga: Alat Buatan Mahasiswa UB Mampu Deteksi Dini Penyakit Jantung

Jantung mengendalikan seluruh kegiatan peredaran darah, dengan melibatkan pembuluh darah sebagai salurannya. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh melalui kontraksi berirama dengan bantuan listrik jantung. Darah ini dipompa ke seluruh tubuh.

Kandungan yang ada di dalam darah adalah nutrisi dan oksigen yang berguna untuk kelangsungan hidup sel-sel tubuh. Setelah digunakan oleh sel-sel tersebut, darah itu dikembalikan lagi ke jantung, dan begitu seterusnya.

Jantung memiliki empat ruang yang masing-masing memiliki fungsi tertentu. Organ ini terletak di dalam rongga dada tepatnya di bawah paru-paru sebelah kiri (pada umumnya).

Dan dilindungi oleh tulang dada (sternum) dan tulang rusuk (costae). Ukuran jantung lebih kurang sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Bentuk jantung lebih kurang mirip seperti kepalan tangan orang dewasa yang terbalik. Organ ini merupakan organ utama yang berperan dalam sistem kardiovaskular.

Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa atau memiliki panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tebal 6 cm, dengan berat sekitar 300 gram.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X