Penutupan EMC 2020, Puspresnas Apresiasi Upaya Adaptasi Perkuat Prestasi Siswa

Kompas.com - 23/11/2020, 18:00 WIB
Eduversal Indonesia menggelar Eduversal Mathematics Competition atau EMC 2020 yang pada 21 November 2020 tiba pada puncak acara Pengumuman dan Penghargaan Pemenang EMC. DOK. EDUVERSAL INDONESIAEduversal Indonesia menggelar Eduversal Mathematics Competition atau EMC 2020 yang pada 21 November 2020 tiba pada puncak acara Pengumuman dan Penghargaan Pemenang EMC.

KOMPAS.com - Tanggung jawab untuk menjaga nyala semangat siswa dalam belajar dan terus berprestasi bukan saja menjadi bagian pemerintah semata. Seluruh pemangku kepentingan harus berkolaborasi agar semangat siswa mengejar prestasi tak padam karena pandemi.

Dengan tujuan sama, Eduversal Indonesia, penyedia layanan manajemen pendidikan, menggelar Eduversal Mathematics Competition atau EMC yang pada 21 November 2020 tiba pada puncak acara Pengumuman dan Penghargaan Pemenang EMC 2020.

Sebelumnya, babak final lomba telah diadakan pada 14 November 2020 lalu.

Lomba matematika online pertama di Indonesia ini mengangkat tema “Menemukan Talenta Indonesia Lewat Kompetisi” dan dilaksanakan sepenuhnya secara online dalam satu babak.

EMC kali ini menjadi istimewa karena digunakannya teknologi live webcam guna mengurangi potensi kecurangan saat lomba.

EMC sendiri merupakan ajang kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan oleh Eduversal setiap tahun dan dirancang untuk menarik minat para siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan sistem kompetisi online.

Baca juga: Prestasi KSN 2020 Jenjang SMP, Sekolah Cahaya Rancamaya: Perlu Pembinaan Sains Sejak Dini

Prestasi tak terhalang pandemi

Analis Pengembangan Peserta Didik, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud, Rizal Alfian yang turut hadir dalam acara pengumuman memberikan apresiasi positif atas upaya berbagai pihak, termasuk orangtua yang telah mendukung siswa untuk mengikuti kompetisi ini.

"Eduversal melalui EMC 2020 telah melakukan terobosan baru dalam bidang kompetisi matematika virtual tanpa menghilangkan semangat matematika itu sendiri," ujar Rizal.

Ia menambahkan, "hal ini memudahkan para siswa tetap berprestasi dan meraih mimpinya meski di masa pandemi yang membutuhkan protokol kesehatan."

Menanggapi hal ini, Direktur Eduversal Indonesia menyampaikan apa yang dijalankan melalui EMC sejalan dengan semangat Puspresnas untuk memberi wadah bagi siswa berprestasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X