Siswa Kelas IV SD, Ayo Belajar Bentuk dan Fungsi Tumbuhan

Kompas.com - 31/03/2020, 11:09 WIB
Ilustrasi Tumbuhan Monokotil shutterstock.comIlustrasi Tumbuhan Monokotil
|

KOMPAS.com - Ketika berada di rumah saja, siswa harus belajar dari materi yang disampaikan guru. Tetapi, siswa juga dapat mencari referensi lain dari sumber kredibel.

Salah satunya materi pembelajaran daring dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) ini, yakni Rumah Belajar Kemendikbud.

Bagi siswa kelas IV SD, berikut ini materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan dari konten Sumber Belajar Rumah Belajar Kemendikbud.

Baca juga: Siswa Kelas IV SD, Yuk Belajar Bentuk dan Fungsi Hewan Burung

Pendahuluan

Siapa yang suka makan wortel? Atau pernahkan kalian makan sayur bayam? Tahukan kalian wortel yang kalian makan adalah bagian akar dari tumbuhan, dan bayam adalah bagian daunnya.

Setiap tumbuhan mempunyai bagian-bagian yang berbeda-beda. Tahukah kalian apa saja bagian-bagian pada tumbuhan itu? Dan apa sajakah fungsi dari setiap bagiannya?

Apakah fungsinya sama antara satu organ tumbuhan yang satu dengan yang lainnya? Untuk mengetahuinya, ayo kita pelajari bersama.

1. Bagian-bagian tumbuhan

Bentuk tumbuhan beraneka ragam, tetapi secara umum tumbuhan memiliki bagian-bagian tubuh yang sama, yaitu akar, batang, daun, bunga dan buah.

a. Akar

Akar adalah bagian terpenting pada tumbuhan yang menghubungkan tubuh tanaman dengan tanah atau media tempat tanaman tumbuh.

Akar umumnya tumbuh ke bawah ke tanah searah gaya gravitasi bumi. Akar juga mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Akar juga terdiri dari akar tunggang dan akar serabut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X