Pelajar Pancasila, Ini Alasan Solidaritas Harus Tumbuh

Kompas.com - 27/10/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi solidaritas ShutterstockIlustrasi solidaritas
|

KOMPAS.com - Saling tolong menolong adalah sikap yang selalu diajarkan pada setiap anak. Hingga nanti akan tumbuh menjadi rasa simpati dan empati terhadap sesama.

Selain itu, solidaritas dapat terbentuk karena adanya perasaan yang sama dan memiliki keinginan kuat dalam memperbaiki keadaan.

Tentu dengan cara saling membantu satu sama lain. Terlebih di masa pandemi ini rasa solidaritas kepada sesama perlu kita tingkatkan. Sehingga rasa simpati dan empati terhadap orang lain juga perlu kita tanamkan sejak dini.

Sebagai Pelajar Pancasila rasa solidaritas harus selalu tumbuh di hati. Mengingat kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Baca juga: Kemendikbud: Ini Kiat Jadi Pelajar Berprestasi

Melansir akun Instagram Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Selasa (27/10/2020), berikut ini cara menyatukan solidaritas:

Solidaritas itu tumbuh karena:

1. Merasa senasib dan seperjuangan dengan orang lain.

2. Munculnya perasaan setia kawan dari dalam diri.

3. Adanya rasa simpati dan empati terhadap orang lain.

4. Keinginan untuk saling memberi dan tolong menolong.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X