Begini Gaya Pengasuhan Anak Saat Pandemi dari Akademisi IPB

Kompas.com - 27/10/2020, 12:19 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Dalam masa pandemi Covid-19, anak akan lebih banyak waktunya di rumah. Bahkan orang tua yang bekerja dari rumah, pasti banyak waktu bersama keluarga.

Meski demikian, orang tua harus bisa tetap memberikan pengasuhan yang benar pada anaknya. Dengan harapan, anaknya dapat tumbuh menjadi pribadi yang sukses dan bahagia.

Gaya pengasuhan anak atau parenting style merupakan kunci dalam terciptanya kepribadian anak. Terlebih di masa pandemi ini.

Maka orang tua harus memberikan dorongan semangat, perhatian dan kasih sayang pada anak agar kesulitan di masa pandemi dapat mudah dilewati bersama.

Baca juga: 7 Cara Berkomunikasi dengan Anak Disabilitas Pendengaran

Kepala Divisi Perkembangan Anak Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (IKK-Fema), IPB University, Dr. Dwi Hastuti berbagi tips.

Gaya pengasuhan authoritative

Menurut dia, di masa pandemi ini gaya parenting yang ideal adalah gaya pengasuhan yang umumnya telah dipraktikkan oleh masyarakat Indonesia, yaitu gaya pengasuhan authoritative.

Gaya tersebut dinilai paling ideal karena seimbang antara kasih sayang, ekspresi emosi positif orang tua dengan tuntutan disiplin dari orang tua. Dijelaskan, gaya pengasuhan ini cocok dipraktikkan saat usia anak masih:

  • di bawah lima tahun (balita)
  • usia sekolah
  • maupun remaja

Orang tua harus konsisten untuk memberikan kasih sayang, perhatian, penjelasan, berkomunikasi positif, serta tuntutan peraturan yang jelas pada anak.

"Terkait dengan peraturan, akan lebih efektif jika hal ini telah disepakati oleh semua anggota keluarga," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB University, Senin (26/10/2020).

Pada masa-masa sulit, orang tua harus sangat sensitif, karena studi yang ada menunjukkan bahwa anak-anak juga mengalami:

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X