Kompas.com - 09/09/2020, 18:48 WIB
Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama di ruang kerjanya di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, 7 Oktober 2016. KOMPAS/WISNU WIDIANTOROPendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama di ruang kerjanya di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, 7 Oktober 2016.

KOMPAS.com - Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama (88), meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB.

Mengutip laman Kompas.tv, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan duka cita atas meninggalnya pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama.

Innalillahi wa innalillahi rojiun, hari ini kita kehilangan tokoh media, tokoh pers, Pak Jakob Oetama,” kata Pramono Anung kepada Kompas TV, Rabu (9/9/2020).

Pramono mengaku beruntung mengenal Pak Jakob Oetama di era reformasi dan setelah menjadi Anggota DPR RI.

Baca juga: Jakob Oetama, Atasan yang Memanusiakan Karyawannya

Menurutnya, banyak anak muda, aktivis, anggota DPR baru yang diberi ruang cukup banyak untuk tampil di ruang publik oleh Jakob Oetama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bagi saya pribadi, Pak Jakob Oetama merupakan seorang guru, seorang yang bertutur secara halus, dan memberikan ruang rasionalitas yang tinggi bagi siapa pun. Kita kehilangan tokoh media, kita kehilangan tokoh bangsa,” ujar Pramono Anung.

Sempat menjadi guru

Jakob Oetama adalah jurnalis senior dan tokoh pers nasional. Ia lahir pada 27 September 1931 di Desa Jowahan, Borobudur, Jawa Tengah.

Saat belia cita-citanya adalah menjadi guru seperti ayahnya.

Ayahnya bernama Raymundus Josef Sandiyo Brotosoesiswo merupakan seorang pensiunan guru Sekolah Rakyat di Sleman, Yogyakarta, sementara ibunya bernama Margaretha Kartonah.

Baca juga: Penghormatan Terakhir untuk Jakob Oetama Dilakukan di Gedung Kompas Gramedia Palmerah

Lulus seminari menengah, sekolah calon pastor setingkat SMA, Jakob melanjutkan ke seminari tinggi. Namun, pendidikan itu hanya ia tempuh selama tiga bulan karena ingin mengikuti jejak ayahnya menjadi guru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kompas TV
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.