Kompas.com - 09/09/2020, 18:07 WIB
[ARSIP] Portrait foto Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (27/9/2016). Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (88) meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULU[ARSIP] Portrait foto Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (27/9/2016). Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (88) meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Seniman Jodhi Yudhono menceritakan bagaimana kenangan manis dan nilai-nilai yang ditularkan mendiang Jakob Oetama selama memimpin Kompas Gramedia.

Dalam siaran langsung Kompas TV, Jodhi mengatakan Jakob Oetama telah mensejahterakan puluhan ribu karyawan Kompas Gramedia.

"Kasihnya itu terasa sampai ke kami, di bawah. Sayangnya itu sampai terasa betul, bagaimana dia memperlakukan manusia, bukan hanya karyawan, tapi manusia, dimuliakan betul oleh Pak Jakob," kata Jodhi seperti dikutip Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Baca juga: Jodhi Yudono: Jakob Oetama Mewariskan Nilai-nilai Moralitas dalam Jurnalistik Indonesia

 

Pernah menjadi salah satu wartawan Kompas.com, Jodhi mengungkapkan bahwa Jakob Oetama juga mensejahterakan secara materiel.

"Kita bisa mendapatkan bonus itu sampai lebih dari 20 kali dalam setahun waktu itu, itu secara materiel," ungkap Jodhi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlepas dari itu, yang paling diingat Jodhi adalah sikap Jakob Oetama memperlakukan karyawan sebagaimana manusia sehingga nyaris tidak ada jarak atasan dan bawahan.

Baca juga: Jakob Oetama dan Cintanya terhadap Manusia, Pendidikan, dan Wartawan

 

"Bagaimana kita tidak harus memanggil Bapak kepada atasan kita, tetapi cukup Mas atau Mbak. Itu saya kira sentuhan-sentuhan humanismenya Pak Jakob yang kami rasa hingga sekarang," ucap Jodhi.

Bahkan, nilai-nilai yang diterapkan Jakob Oetama pun menular hingga ke Jodhi dan rekan-rekan lainnya.

"Apa saja yang dikatakan atau diajaran oleh Pak Jakob, itu menjadi panduan kami, panduan moral kami, panduan langkah kami," ucapnya.

Baca juga: Ketua MPR Akan Pimpin Serah Terima Jenazah Jakob Oetama di TMP Kalibata

Bagi Jodhi, kepergian Jakob Oetama ini meninggalkan duka yang cukup dalam.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.