Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Pandemi, Berikut Ini Produk Penelitian FMIPA Unpad

Kompas.com - 03/09/2020, 17:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19, banyak pihak melakukan penelitian dan mengembangkan produk. Tujuannya tak lain agar pandemi ini bisa diatasi dan segera berakhir.

Seperti halnya yang dilakukan Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran (Unpad).

Dosen Unpad ini mengembangkan sejumlah produk ilmiah hasil penelitian. Diharapkan mampu menjadi salah satu kontribusi Unpad dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Di DIY dan Jateng, Tim Peneliti UGM Temukan 4 Mutasi Virus Corona

Adapun produk itu dipamerkan dalam acara yang digelar di Gedung Prof. Otto Soemarwoto Dekanat FMIPA Unpad, Jatinangor, Rabu (2/9/2020).

Produk tersebut antara lain:

  • lemari sterilisasi APD
  • alat pendeteksi suhu tubuh otomatis
  • dua produk dental aerosol suction
  • sepeda bertenaga surya

Produk sudah digunakan di masyarakat

Ternyata, beberapa produk dari Unpad ini juga sudah digunakan oleh masyarakat. Tercatat, dua buah lemari sterilisasi APD sudah disumbangkan untuk digunakan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kota Bandung.

Menurut Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, adanya produk ini menunjukkan Unpad tetap berkomitmen untuk menghasilkan inovasi akademik meskipun dilakukan pada saat pandemi Covid-19.

"Terima kasih kepada FMIPA Unpad yang telah melakukan dengan baik proses pembuatan prototipe dan produk inovasinya," ujar Rektor seperti dikutip dari laman Unpad.

Rektor berharap, purwarupa ini bisa dikomersialisasikan. Serta adanya sinergi dengan berbagai pihak agar proses komersialisasi produk bisa lebih cepat.

Sehingga nantinya produk karya dosen FMIPA Unpad ini bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

"Semuanya inline dengan semangat Unpad untuk selalu bermanfaat melalui inovasi," jelas Rektor.

Berdasar hasil diskusi pemangku kepentingan

Sementara Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Sudradjat menjelaskan, pengembangan purwarupa produk ilmiah ini dilakukan berdasarkan hasil diskusi dan masukan dari para pemangku kepentingan.

Tentu salah satunya dari tim Satgas Covid-19 Unpad. Disamping itu, produk tersebut juga dikembangkan atau berkolaborasi lintas fakultas.

"Kita juga mendapat masukan dari para dokter, terutama dokter gigi dan dokter THT untuk mengurangi dampak aerosol yang ditimbulkan ketika melakukan tindakan," kata Prof. Sudradjat.

Harapannya, produk ini bisa menjadi motivasi para dosen lain untuk mengembangkan produk lainnya dengan berdasar pada kebutuhan di masyarakat.

Baca juga: Satu Fakultas di Unpad Ini Raih Akreditasi Internasional dari ABEST21

"Kita juga kejar untuk internasionalisasi. Produk-produk ini akan kita tampilkan di luar," terang Prof. Sudradjat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com