Kompas.com - 03/09/2020, 17:32 WIB
Produk inovasi lemari sterilisasi APD dari Dosen FMIPA Unpad yang dipamerkan. DOK.Laman UnpadProduk inovasi lemari sterilisasi APD dari Dosen FMIPA Unpad yang dipamerkan.
|

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19, banyak pihak melakukan penelitian dan mengembangkan produk. Tujuannya tak lain agar pandemi ini bisa diatasi dan segera berakhir.

Seperti halnya yang dilakukan Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran (Unpad).

Dosen Unpad ini mengembangkan sejumlah produk ilmiah hasil penelitian. Diharapkan mampu menjadi salah satu kontribusi Unpad dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Di DIY dan Jateng, Tim Peneliti UGM Temukan 4 Mutasi Virus Corona

Adapun produk itu dipamerkan dalam acara yang digelar di Gedung Prof. Otto Soemarwoto Dekanat FMIPA Unpad, Jatinangor, Rabu (2/9/2020).

Produk tersebut antara lain:

  • lemari sterilisasi APD
  • alat pendeteksi suhu tubuh otomatis
  • dua produk dental aerosol suction
  • sepeda bertenaga surya

Produk sudah digunakan di masyarakat

Ternyata, beberapa produk dari Unpad ini juga sudah digunakan oleh masyarakat. Tercatat, dua buah lemari sterilisasi APD sudah disumbangkan untuk digunakan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kota Bandung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, adanya produk ini menunjukkan Unpad tetap berkomitmen untuk menghasilkan inovasi akademik meskipun dilakukan pada saat pandemi Covid-19.

"Terima kasih kepada FMIPA Unpad yang telah melakukan dengan baik proses pembuatan prototipe dan produk inovasinya," ujar Rektor seperti dikutip dari laman Unpad.

Rektor berharap, purwarupa ini bisa dikomersialisasikan. Serta adanya sinergi dengan berbagai pihak agar proses komersialisasi produk bisa lebih cepat.

Sehingga nantinya produk karya dosen FMIPA Unpad ini bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.