Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ajaran Baru "RuangGuru" Lanjutkan Program Gratis, Ini Tautannya

Kompas.com - 04/08/2020, 11:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ruangguru kembali memperpanjang program "Sekolah Online Ruangguru Gratis" sebagai upaya menjawab tingginya kebutuhan fasilitas pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Program ini telah berjalan sejak Maret 2020 saat kegiatan belajar dari rumah (BDR) digalakan sebagai bentuk PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di bidang pendidikan.

"Pada tahun ajaran yang lalu, Sekolah Online Ruangguru Gratis mendapatkan respon yang sangat positif, dimana lebih dari 5.000.000 pelajar telah memanfaatkannya," ungkap Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara.

Belva menjelaskan lebih dari 100.000 guru juga telah mengikuti pelatihan guru online gratis disediakan di aplikasi Ruangguru.

"Semangat para guru dan murid tersebut untuk terus belajar menginspirasi kami untuk kembali membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis,” ujar Belva.

Mulai tahun ajaran baru

Melalui program "Sekolah Online Ruangguru 2", para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di aplikasi Ruangguru.

Baca juga: UT dan Ruang Guru: Teknologi Jadi Titik Tumpu Revolusi Pendidikan

 

Mulai Senin, 3 Agustus 2020, siswa sudah dapat mengikuti pembelajaran "Sekolah Online Ruangguru 2" yang terbagi menjadi dua sesi setiap harinya mulai pukul 13.00 WIB.

Tersedia 15 kanal belajar yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruangguru.

Hingga akhir program Sekolah Online Ruangguru Gratis di bulan Juni, sekolah online Ruangguru menjadi salah satu pilihan alternatif belajar utama bagi para pelajar Indonesia.

Berdasarkan survei Ruangguru, tingkat kepuasan siswa mencapai 9.3/10, dan 9 dari 10 siswa juga menyatakan bahwa Sekolah Online Ruangguru sangat membantu mereka untuk memahami konsep pelajaran dan mendukung pembelajaran di sekolah.

"Menurut saya, sekolah online dari Ruangguru memberikan manfaat yang besar banget buat saya pribadi dan juga semua siswa yang ada di Indonesia, karena salah satu kendala belajar di rumah adalah kesulitan mengatur waktu belajar kita," ucap Latansa, pengguna Sekolah Online Ruangguru Gratis kelas 12 SMA, Jawa Tengah.

Ia menambahkan, "dengan adanya sekolah gratis online Ruangguru ini, hal itu bisa teratasi sehingga aku lebih mudah dalam mengatur waktu belajar.”

Ragam fitur pembelajaran 

Ruangguru kembali memperpanjang program Sekolah Online Ruangguru Gratis untuk menjawab tingginya kebutuhan fasilitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak 3 Agustus 2020.DOK. RUANGGURU Ruangguru kembali memperpanjang program Sekolah Online Ruangguru Gratis untuk menjawab tingginya kebutuhan fasilitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak 3 Agustus 2020.

Siswa dapat menikmati berbagai macam layanan dan produk lainnya dari Ruangguru di "Sekolah Online Ruangguru 2".

Siswa dapat memanfaatkan fitur ruangkelas, dimana mereka dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar langsung dengan guru selayaknya di kelas melalui satu fitur daring yang terintegrasi.

Baca juga: Strategi Membangun Kerja Sama Sekolah dan Orangtua di Tahun Ajaran Baru

 

Ada juga "Ruangguru Champion", yakni kompetisi uji kecerdasan antar sekolah untuk jenjang SD, SMP, dan SMA.

Guna meningkatkan semangat belajar siswa, Ruangguru juga menyediakan hadiah mingguan yang menarik dan berbagai tayangan hiburan bersama Master Teacher favorit setiap harinya.

Program Sekolah Online Ruangguru 2 ini dapat diakses melalui aplikasi Ruangguru. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://sekolahonline.ruangguru.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com