Berkah dan Tantangan PJJ di Tahun Ajaran Baru Era Normal Baru

Kompas.com - 15/07/2020, 08:49 WIB
Model pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dikembangkan dan berangsur-angsur menjadi pembiasaan. Guru perlu menakar peluang pembelajaran daring yang efektif di era new normal. DOK. TANOTO FOUNDATIONModel pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dikembangkan dan berangsur-angsur menjadi pembiasaan. Guru perlu menakar peluang pembelajaran daring yang efektif di era new normal.

Oleh: Rudi Candra | Kepala SMPN 8 Dumai

KOMPAS.com - Covid-19 telah mengubah cara kita mendidik generasi masa depan.

Pertama, bahwa proses pendidikan di seluruh dunia semakin saling terhubung. Kedua, pendefinisian ulang peran pendidik. Ketiga, mengajarkan pentingnya keterampilan hidup di masa yang akan datang. Dan, keempat, membuka lebih luas peran teknologi dalam menunjang pendidikan.

Selain itu, pandemi virus corona menyebabkan tiga perubahan mendasar di dalam pendidikan global.

Pertama, mengubah cara jutaan orang dididik. Kedua, solusi baru untuk pendidikan yang dapat membawa inovasi yang sangat dibutuhkan. Ketiga, adanya kesenjangan digital menyebabkan pergeseran baru dalam pendekatan pendidikan dan dapat memperluas kesenjangan.

Berdasarkan keterangan di atas menunjukkan betapa Covid-19 telah membuat percepatan transformasi pendidikan.

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, Melirik Belajar Santai Berkualitas ala Finlandia

Percepatan transformasi

 

Mengapa transformasi terpaksa? Karena sesungguhnya perubahan tersebut merupakan suatu keniscayaan. Tetapi lajunya sangat lambat, sementara akibat Covid-19 transformasi tersebut mau tidak mau harus dilakukan.

Dalam waktu yang sangat singkat misalnya, seluruh dunia mengubah pola pembelajaran konvensional berbasis tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sangat mengandalkan teknologi.

UNICEF, WHO dan IFRC dalam COVID-19 Prevention and Control in Schools (Maret, 2020) menyebut bahwa ketika situasi persebaran virus semakin cepat maka sekolah harus ditutup dan proses pendidikan harus tetap berjalan melalui kegiatan pembelajaran online dengan menggunakan berbagai media.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X