Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal dan Ketentuan Jalur Mandiri S1 UGM

Kompas.com - 12/07/2020, 14:26 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Proses Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 masih berlangsung.

Namun selain jalur SBMPTN, calon mahasiswa juga masih berkesempatan untuk ikut jalur lain, yakni jalur mandiri. Seperti halnya di salah satu kampus terbaik di Indonesia ini.

Universitas Gadjah Mada (UGM) juga membuka jalur Seleksi Mandiri 2020. Jika kamu tertarik ingin kuliah di UGM lewat jalur mandiri ini, maka simak informasi yang dirangkum dari laman UM UGM.

Baca juga: Guru Besar UGM: Herbal sebagai Terapi Pendukung Pengobatan Covid-19

Informasi

Sehubungan dengan situasi pandemik Covid-19 ini, UGM mempunyai kebijakan yang tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, nilai rapor, dan kriteria lain.

Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana.

Namun sehubungan dengan kondisi saat ini, penerimaan mahasiswa baru Sekolah Vokasi Gelombang 2 ditiadakan.

Persyaratan

1. Warga Negara Indonesia.

2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018:

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan dan cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada).
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019 dan 2018 harus memiliki ijazah.

3. Mengikuti dan mempunyai nilai UTBK Tahun 2020.

4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Prosedur

Langkah pendaftaran adalah sebagai berikut:

1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.

2. Memilih 3 program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.

3. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com