Guru Besar UGM: Herbal sebagai Terapi Pendukung Pengobatan Covid-19

Kompas.com - 10/07/2020, 22:26 WIB
Ilustrasi bahan herbal ShutterstockIlustrasi bahan herbal
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, obat yang spesifik untuk Covid-19 belum ditemukan. Tak heran jika penelitian terus dilakukan banyak pihak agar dapat menangkal virus corona jenis baru tersebut.

Beberapa penelitian dilakukan pada bahan herbal. Tentu tujuannya agar menjadi obat bagi pasien Covid-19. Tapi, apakah obat herbal bisa menangkal Covid-19?

Ahli Penyakit Dalam Konsultan Paru, dr. Ika Trisnawati, M.Sc., Sp.PD,K-P., menyebutkan bahwa obat herbal menjadi suplemen pendukung dalam pengobatan penyakit termasuk Covid-19.

Baca juga: Guru Besar Farmasi UGM: Ini Terapi Penyembuhan Covid-19

"Penambahan komponen herbal menjadi salah satu modalitas treatment termasuk untuk Covid-19," ujarnya dalam talkshow yang diselenggarakan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada ( UGM) secara daring Rabu (8/7/2020).

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Menurut dr. Ika, penggunaan obat herbal dalam mendukung pengobatan penyakit karena virus telah dilakukan. Salah satunya pemakaian VCO dalam mendukung pengobatan standar pada pasien HIV.

VCO mengandung asam laurat yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh telah diujikan dengan hasil yang menunjukkan manfaat dalam membantu pengobatan standar pada pasien HIV.

"Dalam pengobatan penyakit-penyakit karena virus seperti HIV atau hepatitis menambahkan komponen herbal dalam salah satu modalitas treatment. Ini juga bisa jadi suplemen modalitas untuk pengobatan Covid-19, jadi herbal sebagai adjuvant," terangnya.

Sebagai terapi pendukung

Sedangkan menurut Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Suwijiyo Pramono, Apt., obat herbal atau tradisional bukan sebagai antivirus.

Hanya saja, herbal menjadi sumber vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta berfungsi sebagai imunostimulan, antioksidan, dan imunomodulator.

" Obat herbal ini digunakan sebagai terapi pendukung obat standar. Tentu untuk membantu penyembuhan pasien," katanya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X