Yuk, Koleksi Buku Digital Gratis untuk Anak PAUD dari Kemendikbud

Kompas.com - 10/07/2020, 12:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagai cara memperkaya pilihan buku-buku untuk anak usia PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui laman Ruang Guru PAUD memberikan ragam pilihan buku digital ( ebook) yang bisa diunduh secara gratis.

Tema-tema yang diangkat sesuai dengan tumbuh kembang anak usia 3-6 tahun. Disajikan dengan karakter, gambar dan warna menarik sehingga dapat menumbuhkan ketertarikan anak untuk membaca.

Seperti buku berjudul “Bimbim Tidak Mau Mandi” karya Iwok Abqary misalnya, anak akan diberi pemahaman pentingnya mandi dan membersihkan diri untuk kesehatannya dengan cara menyenangkan melalui karakter Bimbim.

Baca juga: 23 Sumber Belajar Rekomendasi Kemendikbud Selama Belajar dari Rumah

Tak hanya dapat menumbuhkan ketertarikan membaca pada anak sejak dini. Lebih dari itu, kegiatan membaca bersama orangtua dapat mengasah kemampuan kognitif anak, seperti kemampuan berpikir dan menganalisa.

Kebiasaan membaca juga membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas, guna mendukung pendidikan akademis di sekolah.

Membaca dapat meningkatkan ikatan emosional dengan orang tua, mengajarkan anak bersosialisasi secara positif melalui cerita, mengembangkan daya imajinasi, hingga meningkatkan keterampilan bahasa.

Baca juga: Seperti Ini Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah untuk Zona Hijau

Berikut link untuk memilih dan mengunduh buku-buku untuk anak usia PAUD persembahan Kemendikbud http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/pustaka/buku/?search=


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X