Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Koleksi Buku Digital Gratis untuk Anak PAUD dari Kemendikbud

Kompas.com - 10/07/2020, 12:33 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai cara memperkaya pilihan buku-buku untuk anak usia PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui laman Ruang Guru PAUD memberikan ragam pilihan buku digital (ebook) yang bisa diunduh secara gratis.

Tema-tema yang diangkat sesuai dengan tumbuh kembang anak usia 3-6 tahun. Disajikan dengan karakter, gambar dan warna menarik sehingga dapat menumbuhkan ketertarikan anak untuk membaca.

Seperti buku berjudul “Bimbim Tidak Mau Mandi” karya Iwok Abqary misalnya, anak akan diberi pemahaman pentingnya mandi dan membersihkan diri untuk kesehatannya dengan cara menyenangkan melalui karakter Bimbim.

Baca juga: 23 Sumber Belajar Rekomendasi Kemendikbud Selama Belajar dari Rumah

Tak hanya dapat menumbuhkan ketertarikan membaca pada anak sejak dini. Lebih dari itu, kegiatan membaca bersama orangtua dapat mengasah kemampuan kognitif anak, seperti kemampuan berpikir dan menganalisa.

Kebiasaan membaca juga membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas, guna mendukung pendidikan akademis di sekolah.

Membaca dapat meningkatkan ikatan emosional dengan orang tua, mengajarkan anak bersosialisasi secara positif melalui cerita, mengembangkan daya imajinasi, hingga meningkatkan keterampilan bahasa.

Baca juga: Seperti Ini Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah untuk Zona Hijau

Berikut link untuk memilih dan mengunduh buku-buku untuk anak usia PAUD persembahan Kemendikbud http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/pustaka/buku/?search=

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com