Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menghadapi UTBK-SBMPTN 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 23/06/2020, 19:21 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 akan digelar pada tanggal 5-12 Juli 2020.

Penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2020 sendiri masih berada di tengah masa pandemi Covid-19.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sendiri telah menyiapkan protokol pelaksanaan UTBK 2020 dalam masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK-SBMPTN 2020, Teliti dan Penalaran!

Pada pelaksanaan UTBK-SBMTPN 2020 peserta ujian wajib menggunakan masker. Peserta masuk ruang ujian dengan mengikuti protokol kesehatan. Sebelum memasuki lokasi/ruang ujian, para peserta harus dipastikan dalam kondisi sehat dan melalui prosedur pemeriksaan Covid-19.

Sebelum pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020, kamu juga bisa melakukan sejumlah persiapan agar bisa maksimal.

Berikut 5 tips untuk kamu, pejuang UTBK-SBMPTN 2020 agar tetap tenang dalam menghadapi ujian meskipun berada di tengah pandemi Covid-19 seperti dirangkum dari Ruang Guru.

1. Persiapkan mental

Mempersiapkan mental ketika akan ujian merupakan hal terpenting terlebih di situasi pandemi Covid-19.

Terkadang karena terlalu fokus menghadapi UTBK, kamu justru akan dilanda stres dan gugup yang berlebihan.

Selain akan menurunkan tingkat produktivitas belajar, hal buruk tersebut juga bisa mempengaruhi daya tahan tubuh kamu, lho.

Sesekali waktu, cobalah tenangkan pikiran. Sempatkan diri untuk refreshing sebentar agar kamu mudah memahami materi dan tidak panik saat waktu ujian semakin dekat.

Namun perlu diingat ya. Refreshing di sini bukan berarti kamu boleh keluar rumah dan nongkrong dengan teman. Kita tetap harus menaati peraturan pemerintah yang menganjurkan kita untuk di rumah aja.

2. Buat jadwal belajar yang efektif

Pembuatan jadwal belajar penting buat kamu yang akan menghadapi UTBK 2020. Tujuannya agar kamu bisa membagi waktu antara mempelajari materi dengan kegiatan lainnya.

Buatlah jadwal belajar yang tetap memperhatikan banyaknya materi dan kemampuan kamu ya. Jangan lupa juga sisipkan jadwal istirahat di sela-sela belajar kamu.

3. Ciptakan tempat belajar yang nyaman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com