Beasiswa Dexa Award 2020 dan Upaya Melahirkan Saintis Muda Indonesia

Kompas.com - 17/06/2020, 23:31 WIB
Para finalis 10 besar Dexa Award Science Scholarship 2020 dalam Virtual Ceremony  yang digelar pada 17 juni 2020. DOK. DASS 2020Para finalis 10 besar Dexa Award Science Scholarship 2020 dalam Virtual Ceremony yang digelar pada 17 juni 2020.

KOMPAS.com - Peneliti dan saintis menjadi ujung tombak dalam penguatan sektor kesehatan yang menjadi fokus pemerintah saat ini. Dalam kerangka penguatan lahirnya para saintis baru inilah Dexa Award Science Scholarship 2020 bertema “ Inovasi untuk Bangsa” digelar.

Terlebih kondisi pandemi global Covid-19, peran saintis terus didorong untuk berkontribusi melalui pengembangan riset dan inovasi.

“Selama masa ini, riset vaksin dan pengobatan Covid-19 yang efektif akan terus kita kembangkan," ujar  Menristek dan Kepala BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Prof. Bambang Brodjonegoro dalam Virtual Ceremony Dexa Award Science Scholarship 2020 (17/6/2020).

Lebih lanjut Menristek Bambang menjelaskan, "Di sinilah saintis sebagai harapan bangsa dapat berkontribusi melalui perkembangan riset dan penelitian yang bermanfaat untuk mencapai kemandirian bangsa agar kita tidak terus menerus bergantung pada produk impor.” 

Baca juga: UI Gandeng Facebook Sinergikan Big Data Untuk Riset COVID-19

Kontribusi saintis di tengah krisis

Dalam seremoni digelar melalui Youtube Channel Official Dexan TV, Menristek  menyampaikan era baru menjadi peluang menciptakan riset dan inovasi yang mendukung Indonesia maju dan mandiri terutama di sektor kesehatan.

“Mari kita gunakan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk berkontribusi bagi negara kita. Anda sebagai penerus bangsa di bidang penelitian, memegang peranan penting untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju dan mandiri, terutama di sektor kesehatan," tegas Prof. Bambang Brodjonegoro.

Menteri Ristek/BRIN kembali menegaskan di masa akan datang, Indonesia akan butuh banyak peneliti, inovator, dan orang-orang yang mau menciptakan solusi untuk tantangan bangsa di masa depan.

Hal senada disampaikan Pimpinan Dexa Group, Ferry A. Soetikno. Ia menyampaikan, " sains adalah dasar kita bertumbuh. Sulit sekali membayangkan di masa depan tanpa sains dan inovasi."

"Karena itulah Dexa Award Science Scholarship ini diselenggarakan untuk mendukung peningkatan inovasi di sektor farmasi dan kesehatan," ujarnya.

Lebih jauh Ferry Soetikno menyampaikan di era pandemi COVID-19, filosofi Dexa Group “Expertise for the Promotion of Health” telah dibuktikan dengan berbagai langkah konkret di antaranya melalui laboratorium risset and pengembangan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X