Kompas.com - 02/06/2020, 22:58 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI DOK/TVRITangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan “Keluarga Indonesia episode: Orang Tua dan Dunia Kerja” untuk pengasuh dan pendidik anak pada 2 Juni 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Berikut adalah rangkuman tayangan “Keluarga Indonesia episode: Orang Tua dan Dunia Kerja”

Sebagai orang yang sudah bekerja apakah kita tahu hak-hak dasar sebagai tenaga kerja, tidak hanya berhak untuk mendapatkan gaji atas pekerjaan yang kita lakukan, pemerintah juga menjamin hak lainnya dalam undang-undang tenaga kerja.

Baca juga: Kata Mendikbud Nadiem Makarim tentang Dunia Kerja di Masa Depan

Seperti yang dijelaskan Dian Puty Oscarini seorang Praktisi SDM dan Psikolog dalam tayangan keluarga Indonesia mengenai dunia kerja.

Benarkah setiap karyawan perempuan itu memiliki cuti haid?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Dian, “benar cuti haid itu ada dan di atur di labour law 13, lamanya adalah dua hari dalam artian hari pertama dan hari kedua.”

Ia melanjutkan, “bunyi peraturannya seperti itu, padahal kan haid itu bisa 5 hari, bisa 7 hari gitu ya, di bunyi aturan sebenarnya tuh hari pertama dan hari kedua haid itu ada dan tidak boleh di potong gaji, itu aturan yang ada.”

Dian Mengatakan "tidak banyak juga perempuan yang menggunakannya, mungkin karena merasa tidak terlalu perlu juga. Kecuali misalnya yang saya sebut glucolaria"

"Jadi pekerja operator yang mengoprasikan misalnya di garmen, mesin pintal yang banyak fisik boleh jadi mereka lebih berasa ya,” ucap Dian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.