Link Contoh Soal TPS UTBK-SBMPTN 2020 dari LTMPT

Kompas.com - 02/06/2020, 16:06 WIB
UTBK-SBMPTN 2020 Dok. LTMPTUTBK-SBMPTN 2020

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 resmi dibuka hari ini, Selasa 2 Juni 2020, pukul 13.00 WIB.

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan bahwa tes UTBK 2020 yang akan berlangsung pada 05- 12 Juli 2020 mendatang, hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

Merangkum laman LTMPT, TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Baca juga: Daftar Lengkap 64 Jurusan UI dan Daya Tampung di SBMPTN 2020

Kemampuan Kuantitatif, lanjut LTMPT, akan mencakup pengetahuan dan penguasaan Metematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris.

Selain itu, tidak ada perbedaan soal antara IPA dan IPS. Materi ujian TPS terbagi dalam 4 sub tes yang digunakan untuk pembobotan pemilihan PTN.

Melalui situs resminya, LTMPT juga memberikan sejumlah contoh soal TPS yang akan diujikan dalam UTBK- SBMPTN 2020.

"Contoh soal TPS UTBK sudah bisa di-download di web Resmi LTMPT. Selamat belajar," tulis akun Titter LTMPT Official, Selasa (2/6/2020).

Baca juga: Ikatan Dokter Anak Anjurkan Sekolah Tidak Dibuka sampai Desember 2020

Sering berlatih soal TPS dapat membuat calon mahasiswa terbiasa dengan jenis soal, sehingga diharapkan dapat mengerjakan soal UTBK-SBMPTN 2020 dengan lancar.

Berikut link unduhan contoh soal TPS UTBK-SBMPTN 2020 yang diberikan oleh LTMPT:

https://ltmpt.ac.id/file.php?id=1591063827_Contoh_Tes_TPS_WT.pdf


Sumber LTMPT
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X