Kompas.com - 14/05/2020, 03:15 WIB
Tangkapan layar Instagram Prof Jamal Wiwoho. DOK.Instagram Prof JamalTangkapan layar Instagram Prof Jamal Wiwoho.
|

KOMPAS.com - Persaingan ketat pasti selalu terjadi pada proses seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB). Apalagi yang ingin masuk di perguruan tinggi negeri (PTN).

Agar bisa masuk PTN, calon mahasiswa harus ikut seleksi. Adapun seleksi masuk PTN dibagi menjadi tiga jalur. Yang pertama ialah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Jika tak lolos SNMPTN, calon mahasiswa bisa mencoba Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tetapi, jika ternyata di SBMPTN tidak lolos, maka ada pilihan terakhir yakni ikut jalur Seleksi Mandiri (SM).

Baca juga: Majelis Rektor PTN: Ini 4 Hal Sikapi Pandemi Corona, UKT Ditunda Asal...

Agar bisa lolos masuk kampus negeri, maka calon mahasiswa harus memahami bekal apa saja yang diperlukan. Adakah kiat-kiat agar sukses masuk PTN.

Tetapi di sisi lain, perguruan tinggi negeri pasti juga punya kriteria tersendiri untuk menyaring calon mahasiswanya, sehingga yang didapatkan ialah mahasiswa yang berkualitas.

Sebenarnya kriteria mahasiswa seperti apa yang dicari PTN itu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Kompas.com melalui program Belajar di Rumah #TeredukasidariRumah bakal hadir untuk membahas bersama narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Kompas.com melalui rubrik Edukasi menghadirkan program Belajar di Rumah #TeredukasidariRumah berupa bincang-bincang bersama pakar dan pegiat pendidikan di akun Instagram Kompas.com.

Hadirkan ketua MRPTNI

Kali ini, live streaming IG Kompas.com menghadirkan Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum selaku Rektor Universitas Sebelas Maret/UNS yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Untuk tema yang diangkat Kompas.com ialah "Kriteria Mahasiswa yang Dicari Perguruan Tinggi Negeri". Live IG Kompas.com akan dimulai pukul 11.30 WIB

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.