Kompas.com - 13/05/2020, 22:37 WIB

KOMPAS.com – Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan "Membaca itu Asyik!" tayangpukul 09.30–10.00 WIB untuk SMP dan sederajat pada 13 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Dalam tayangan tersebut Duta Baca Indonesia yang juga jurnalis senior Najwa Shihab mengatakan penting menemukan apa kesukaan dan kecintaan kita sebaiknya sedini mungkin.

Baca juga: Membaca Itu Asyik! belajar dari TVRI 13 Mei 2020 untuk SMP

“Orang selalu bilang, temukan passionmu, dan kemudian berbuatlah agar passionmu itu bisa menghidupi kamu, tapi terkadang orang salah mengerti akan passion, dipikir passion itu bisa di dapat kaya kita mimpi tidur bangun-bangun kayak dapet wangsit itu passion saya," kata Najwa.

Ia melanjutkan, “passion itu harus di cari. passion itu merawat ketertarikan pada hal hal kecil, jadi jangan anggap enteng sesuatu hobby kecil-kecilan, ah saya cuma suka dengerin K-POP suka BTS suka Lisa Black Pink, ah itu kecil ga mungkin jadi passion saya."

“Jangan anggap enteng suka musik pop korea, cari tau lebih banyak tentang orang yang kamu idolakan, belajar tentang budayanya, coba belajar bahasanya, siapa tau bisa dapat beasiswa sekolah disana,” ujarnya.

Pentingnya akses bahan bacaan

Najwa yang juga jurnalis senior ini mengatakan pentingnya akses bahan bacaan yang dapat menjangkau seluruh pelosok negeri.

“Yang sering dilakukan pertama adalah memastikan akses terhadap bahan bacaan itu terjangkau sampai keujung-ujung karena kerap kali argumen yang kita dengar adalah bukan minat bacanya yang rendah tapi akses terhadap bahan bacaannya yang tidak ada,” kata Najwa.

“Bagaimana orang suka main bola kalau bolanya tidak ada, bagaimana kita cinta baca kalau bukunya yang adapun tidak menarik bahkan untuk dibuka,” tambahnya.

“Jadi pertama itu, mari memastikan akses terhadap bahan bacaan bisa dijangkau sampai ke pelosok-pelosok, cara memastikannya bagaimana, yang paling efektif dan efisian lewat kebijakan negara," ujar Najwa.

Ia melanjutnkan, "karenanya mari kita sama-sama mendorong kebijakan yang dikeluarkan oleh negara, memastikan anak di paling pelosok sekalipun bisa dapat kesempatan untuk menikmati buku-buku yang bagus.” 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.